21 Pegolf Bersurat Kepada PGA Tour, Minta Transparansi Kesepakatan PIF

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 14 Des 2023, 11:29 WIB
Puluhan pegolf meminta pertemuan untuk mendiskusikan kesepakatan potensial dengan PIF dan grup ekuitas AS yang dipimpin oleh Fenway Sports Group. (Foto: Golf Digest)

Puluhan pegolf meminta pertemuan untuk mendiskusikan kesepakatan potensial dengan PIF dan grup ekuitas AS yang dipimpin oleh Fenway Sports Group. (Foto: Golf Digest)

Ligaolahraga.com -

Sebuah firma hukum yang mewakili 21 pemain PGA Tour, termasuk mantan juara Masters Danny Willett, mengirimkan surat kepada dewan kebijakan PGA Tour pada Minggu (10/12) lalu, menuntut transparansi seputar Public Investment Fund (PIF) atau Dana Investasi Publik dari Arab Saudi.

Tak hanya menuntut transparansi, mereka juga meminta pertemuan dengan direktur independen dewan tersebut untuk mendiskusikan kesepakatan potensial dengan PIF dan grup ekuitas AS yang dipimpin oleh Fenway Sports Group.

Dalam surat tersebut, pengacara Jacob Buchdahl dari Susman Godfrey LLC di New York, mengeluhkan bahwa sebagian besar pegolf PGA Tour "tidak diberi tahu sama sekali" ketika dewan kebijakan menegosiasikan kesepakatan yang dapat mengubah tur yang diikuti oleh para pemain.

"Dewan baru-baru ini menerima beberapa tawaran dari calon mitra modal yang berpotensi mengubah cara kerja PGA Tour, siapa yang mengendalikannya, dan siapa yang memilikinya," tulis Buchdahl. "Semua kecuali segelintir pemain PGA Tour tidak diberi tahu tentang transaksi prospektif, bagaimana hal itu akan berdampak pada mereka, dan konflik kepentingan apa yang mungkin berdampak pada para pengambil keputusan."

Buchdahl menuntut "pengungkapan penuh atas rincian dan analisis dari setiap proposal yang diajukan oleh calon mitra modal, yang harus segera disampaikan kepada semua pemain Tur."

"Pemain PGA yang kami wakili menginginkan transparansi dari Dewan Kebijakan Tur PGA sebelum membuat keputusan apa pun yang berdampak pada struktur permanen, ekonomi, atau aturan kompetitif PGA Tour," kata firma hukum itu dalam sebuah pernyataan kepada ESPN. "Hanya dengan informasi tambahan, PGA Players dapat memastikan bahwa keputusan yang tepat dibuat untuk alasan yang tepat dan tidak ada pemain yang tertinggal. Klien kami tahu bahwa sentimen dan tujuan mereka dimiliki secara luas oleh sebagian besar Pemain PGA."

Kelompok pemain ini termasuk Wesley Bryan, pemenang RBC Heritage 2017, serta pemenang dua kali Andrew Landry dan pemenang tiga kali Chez Reavie. Tak satu pun dari pemain yang termasuk dalam kelompok 21 pemain ini berada di peringkat 100 besar Peringkat Golf Dunia Resmi.

Kelompok ini juga mencakup mantan direktur dewan kebijakan pemain James Hahn dan Grayson Murray, seorang kritikus yang vokal terhadap komisaris PGA Tour Jay Monahan.

"Para pemain PGA Tour yang tidak mengetahui tentang proses ini adalah sumber kehidupan PGA Tour," demikian isi surat tersebut. "Mereka berhak tahu apa yang sedang terjadi."

Dalam sebuah memo kepada para pegolf pada hari Minggu, dewan kebijakan PGA Tour, yang terdiri dari enam direktur pemain, termasuk Tiger Woods, dan lima direktur independen, mengatakan bahwa mereka bergerak maju dalam negosiasi untuk membentuk kemitraan strategis dengan Strategic Sports Group dan terus melanjutkan pembicaraannya dengan para pejabat PIF.

Strategic Sports Group meliputi pemilik Mark Attanasio (Milwaukee Brewers); Arthur Blank (Atlanta Falcons); Cohen Private Ventures (New York Mets); Wyc Grousbeck (Boston Celtics); Tom Werner dan John Henry (Boston Red Sox); Tom Ricketts (Chicago Cubs); dan Marc Lasry (Milwaukee Bucks, mantan pemilik bersama).

PGA Tour menandatangani perjanjian kerangka kerja dengan PIF pada tanggal 6 Juni lalu untuk menggabungkan properti komersialnya ke dalam entitas nirlaba baru, PGA Tour Enterprises. Dana kekayaan negara Saudi siap menginvestasikan $2 miliar ke dalam perusahaan baru tersebut, menurut kesaksian COO PGA Tour Ron Price di Kongres pada bulan Juli.

Perjanjian kerangka kerja tersebut memiliki tenggat waktu 31 Desember. Monahan dijadwalkan untuk bertemu dengan Yasir Al-Rumayyan, gubernur PIF, pekan ini.

Artikel Tag: PIF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/21-pegolf-bersurat-kepada-pga-tour-minta-transparansi-kesepakatan-pif
3260  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini