Joaquin Niemann dan Ashleigh Buhai Raih Gelar Australian Open 2023

Penulis: Hanif Rusli
Senin 04 Des 2023, 13:15 WIB
Joaquin Niemann (kanan) dan Ashleigh Buhai masing-masing berpose dengan trofi juara Australian Open. (Foto: Golf Week)

Joaquin Niemann (kanan) dan Ashleigh Buhai masing-masing berpose dengan trofi juara Australian Open. (Foto: Golf Week)

Ligaolahraga.com -

Joaquin Niemann keluar sebagai pemenang turnamen Australian Open 2023 kategori putra, sementara Ashleigh Buhai menjuarai kategori putri pada hari Minggu (3/12).

Joaquin Niemann menguasai angin Sydney untuk menjadi pemenang pertama asal Chile dalam 119 tahun penyelenggaraan Australian Open saat ia mengalahkan wakil Jepang Rikuya Hoshino dalam playoff untuk mengangkat Piala Stonehaven.

Niemann melakukan eagle putt sejauh 4 kaki di lubang playoff pertama di lubang ke-18 namun tidak melakukan kesalahan di lubang kedua, memasukkan eagle yang sedikit lebih panjang untuk merengkuh gelar DP World Tour pertamanya dan menambah koleksinya selain dua titel di sirkuit PGA.

"Ini sangat berarti," kata Joaquin Niemann, yang juga lolos ke turnamen The Open, kepada wartawan. "Musim ini bukan yang terbaik bagi saya. Saya ingin bermain lebih banyak golf. Sangat menyenangkan bisa datang ke sini dan bermain golf dengan baik dan mendapatkan hasil."

Ashleigh Buhai dari Afrika Selatan mempertahankan gelar juara putri di Australian Open, yang dimainkan secara paralel di lapangan yang sama. Ia menahan Minjee Lee dari Australia untuk menang dengan keunggulan satu pukulan, 9-under meski mencatatkan skor 3-over 75.

Di babak final yang sengit, Niemann membukukan skor 5-under 66 untuk memimpin klasemen. Hoshino menyusulnya dengan skor 14-under ketika ia menyelesaikan putaran dengan skor 70 sekitar 90 menit kemudian.

Min Woo Lee, yang mengalahkan Hoshino dalam duel hari Minggu lalu untuk memenangkan Australian PGA Championship pekan lalu, gagal dalam upayanya untuk meraih gelar juara beruntun setelah mencetak skor 71 dan harus puas di posisi ketiga dengan skor 12-under.

Badai semalam telah reda dan membuka jalan bagi pagi yang cerah di The Australian Golf Club, namun angin sudah mulai bertiup dan meningkat kecepatannya hingga mendatangkan malapetaka bagi para pemain lokal.

Min Woo Lee, adik kandung Minjee, dan Hoshino berbagi keunggulan semalam dan diperkirakan akan mengulangi duel mereka, namun Adam Scott dan Lucas Herbert melakukan serangan lebih awal untuk berbagi keunggulan.

Scott, mantan juara Masters, unggul tipis di depan kelompok terdepan dengan birdie kedelapannya di lubang ke-16, namun pukulan tee berikutnya mendarat di tempat yang tidak bisa dimainkan dan membentur pagar dan ia melakukan triple-bogey.

Herbert juga melakukan triple-bogey di lubang ke-8 untuk keluar dari persaingan, membuat Joaquin Niemann dan Alex Fitzpatrick dari Inggris, saudara kandung juara US Open 2022 Matt, berada di puncak leaderboard dengan skor 13-under.

Joaquin Niemann sempat bermain-main dengan bencana pada permainan pertamanya di lubang ke-18 ketika pukulan tee-nya melenceng ke arah kerumunan pemain dan ia harus melakukan pukulan dengan iron yang melambung tinggi sebelum akhirnya berhasil meraih birdie keenam.

"Saya tidak tahu di mana saya memukul, saya tidak tahu di mana airnya, saya tidak tahu di mana bunkernya," kata Joaquin Niemann. "Begitu saya memukulnya, saya hanya mendengarkan reaksi penonton. Untungnya itu bagus."

Ashleigh Buhai memulai hari dengan keunggulan tiga pukulan dari mantan pegolf nomor satu dunia Shin Ji-yai, dan tidak ada satu pun pesaing Ashleigh Buhai yang mampu menutup jarak bahkan setelah ia kehilangan tiga pukulan di sembilan lubang terakhir.

Minjee Lee, yang tertinggal tujuh pukulan di awal hari, berhasil mendekat setelah Ashleigh Buhai melakukan pukulan di lubang ke-17, namun juara Women's British Open 2022 ini berhasil mempertahankan keberaniannya untuk merebut gelar dengan pukulan par putt di lubang terakhir.

"Saya sangat bangga bisa mempertahankan gelar saya," kata Ashleigh Buhai. "Saya tahu mereka pasti akan mengejar saya, jadi saya hanya memainkan golf yang cerdas. Sebagian besar penonton mendukung Minjee, tapi itu sangat menyenangkan di luar sana."

Artikel Tag: joaquin niemann, Ashleigh Buhai

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/joaquin-niemann-dan-ashleigh-buhai-raih-gelar-australian-open-2023
2213  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini