Sudah Mulai Bekerja di Ferrari, Frederic Vasseur Perbaiki Struktur Tim

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 11 Jan 2023, 11:10 WIB
Frederic Vasseur

Frederic Vasseur

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Prinsipal baru Ferrari, Frederic Vasseur, memulai hari pertamanya di markas tim dengan membagikan tugas kepada departemen kecil agar lebih efisien.

Hari Senin (9/1) itu menjadi awal dimulainya era baru untuk Ferrari. Frederic Vasseur telah resmi menjalankan tugas sebagai prinsipal tim.

Beberapa waktu lalu pabrikan asal Italia mengumumkan Vasseur akan meneruskan tugas Mattia Binotto yang dipecat. Sejak saat itu, ia beberapa kali mendatangi markas tim di Maranello dan bertemu dengan semua anggota tim kunci.

Meskipun punya latar belakang teknis yang cukup untuk memahami detail dalam proyek jet darat musim 2023, prioritas pria asal Prancis tersebut adalah merampingkan struktur agar lebih efisien. Ia fokus menempatkan orang yang tepat pada tempatnya dan menduduki jabatan sesuai dengan kemampuannya. Itu dilakukan demi menghindari kesalahan strategi yang kerap terjadi di F1 2022.

Di bawah kepemimpinan Binotto, prinsipal tim juga bertanggung jawab atas departemen teknis, mengawasi semua pekerjaan yang dilakukan di departemen sasis dan mesin. Namun sekarang semuanya berubah, karena Vasseur memberikan lebih banyak otonomi kepada departemen teknis dan menciptakan struktur yang lebih vertikal.

Ini membuat setiap departemen kecil akan bertanggung jawab atas berbagai bagian proyek. Salah satu orang yang bakal memainkan peran besar dalam struktur anyar ini adalah Direktur Balap Ferrari, Laurent Mekies.

Saat di bawah Binotto, Mekies kewalahan dengan tugasnya menjalankan tim balap hingga mewakili Sang Kuda Jingkrak dalam hubungannya dengan FIA. Ia juga bertanggung jawab atas semua logistik tim.

Vasseur pun menetapkan bahwa Mekies akan fokus menjalankan tim balap saja. Jonathan Giacobazzi lalu diberikan kendali lagi di departemen logistik setelah sempat disingkirkan oleh Binotto beberapa tahun lalu.

Simone Resta diperkirakan akan dipanggil kembali sehingga tak lagi menjabat sebagai Direktur Teknis Haas. Ia bakal memimpin pembuatan desain mobil Ferrari, setelah dua kali dipinjamkan ke tim lain.

Memperbaiki pit stop juga menjadi tugas penting bagi Vasseur. Hal tersebut perlu dilakukan supaya tak ada lagi momen memalukan seperti tahun lalu.

Artikel Tag: frederic vasseur, Ferrari, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sudah-mulai-bekerja-di-ferrari-frederic-vasseur-perbaiki-struktur-tim
377  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini