Ricciardo Kesal Dengan Peraturan Yang Rugikan Dirinya & Piastri di GP Brasil

Penulis: Ezi Yulia
Kamis 09 Nov 2023, 20:45 WIB
Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo (Foto: formula1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Daniel Ricciardo mengungkapkan keberatannya dengan peraturan yang menyebabkan dia harus turun satu lap di awal Grand Prix (GP) Brasil, dan meminta agar FIA lebih "berpikiran terbuka".

Balapan Daniel Ricciardo dan Oscar Piastri hampir saja berakhir sebelum waktunya setelah kecelakaan di lap pertama yang membuat dua mobil tersebut berhenti secara permanen.

Mobil McLaren milik Oscar Piastri mendapat hantaman keras di bagian belakang oleh mobil Haas yang dikemudikan Kevin Magnussen, sementara sayap belakang mobil AlphaTauri Ricciardo rusak akibat dihantam ban yang terlepas dari mobil Alex Albon.

Akibat kerusakan itu, mobil Piastri dan pebalap asal Australia itu berhenti dan tampaknya akan mundur dari balapan, tetapi setelah bendera merah dikibarkan untuk membersihkan serpihan-serpihan dalam jumlah besar, hal ini memberi kedua tim waktu yang cukup untuk memperbaiki mobil-mobil tersebut.

Sayangnya, saat memasuki kembali balapan dari pitlane, terungkap bahwa kedua pebalap tersebut ditetapkan turun satu lap dari pebalap-pebalap lainnya.

Hal ini dikarenakan kedua mobil tersebut masuk pit untuk perbaikan di akhir lap pertama, sementara 16 mobil lainnya yang tidak mengalami kerusakan menyelesaikan lap pembuka di belakang safety car.

Dengan balapan yang dilanjutkan dari posisi standing start, tidak ada pembalap yang mendapat kesempatan untuk melepaskan diri. Hal ini secara efektif berarti bahwa tanpa adanya safety car lagi, peluang mereka untuk mendapatkan poin sangat kecil.

"Saya rasa, pertama-tama, ini menunjukkan adanya kelemahan dalam peraturan karena saya tidak merasa kami pernah melakukan satu lap balap dan kemudian Anda sudah memulai balapan dengan tertinggal satu lap," kata pebalap berusia 34 tahun itu.

"Oscar dan saya menjadi korbannya."

Ricciardo yang frustrasi kemudian menyelesaikan balapan dengan tertinggal satu lap dari pemenang balapan, Max Verstappen.

Dengan rekan setimnya di AlphaTauri, Yuki Tsunoda, berada di urutan kesembilan dan mengumpulkan dua poin, rasa kesal semakin bertambah karena dia tahu bahwa dia memiliki paket yang kompetitif di Brasil.

"Saya tidak berada dalam perburuan gelar juara tetapi saya di sini untuk membantu tim meraih posisi ketujuh di kejuaraan konstruktor," imbuhnya.

"Saya merasa bisa memberikan kontribusi besar hari ini, jadi sayang sekali peraturannya tertulis seperti saat ini dan sepertinya tidak ada fleksibilitas," keluhnya.

(aw)

Artikel Tag: Daniel Ricciardo, Oscar Piastri, AlphaTauri, McLaren

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ricciardo-kesal-dengan-peraturan-yang-rugikan-dirinya-piastri-di-gp-brasil
375  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini