Raih 8 Kali Podium di 2023, Aston Martin Puji Kontribusi Sebastian Vettel

Penulis: Ezi Yulia
Jumat 08 Des 2023, 10:00 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel (Foto: caranddriver.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Aston Martin memberikan banyak pujian kepada Sebastian Vettel atas dampak yang dia berikan kepada tim yang mengubah mereka menjadi tim yang bersaing untuk podium di musim 2023.

Sebastian Vettel menghabiskan dua tahun di Aston Martin sebelum memutuskan untuk mengakhiri kariernya di F1 pada akhir 2022. Keputusan yang mungkin terlalu cepat, karena Aston Martin memulai musim 2023 dengan mobil tercepat kedua.

Alhasil, penggantinya, Fernando Alonso, berhasil naik podium sebanyak delapan kali pada musim 2023. Direktur performa Aston Martin McCullough menjelaskan dampak yang diberikan Vettel kepada tim.

"Ketika dia bergabung dengan kami, dia datang dari dua tim langganan juara dunia. Saat itu, dia membawa banyak detail kecil. Dia juga seorang pekerja yang tak kenal lelah," katanya.

"Kami sering mengatakan bahwa para pebalap adalah sensor terbaik di dalam mobil (ketika) banyak pengembangan yang Anda lakukan (termasuk) terowongan angin, simulator, simulasi luring, CFD," imbuhnya.

"Seorang pebalap yang mengemudi mobil mampu mengatakan: 'Ini adalah fase tikungan seperti ini yang saya tahu kami kesulitan, mungkin lebih dari yang lain. Hal itu memungkinkan Anda untuk menggali data. Kami tidak memberinya mobil yang cukup bagus selama dua tahun dia berada di sini. Pada akhir tahun keduanya, kami membuat kemajuan," paparnya.

McCullough membandingkannya dengan Rubens Barrichello di Williams, yang masukannya pada musim 2010 dan 2011, menghasilkan mobil yang memenangkan balapan pada musim berikutnya.

"Saya merasa (Vettel) tidak benar-benar mendapatkan keuntungan dari mobil tahun ini. Selama bertahun-tahun hal itu sering terjadi. Saya sendiri pernah terlibat dalam proses tersebut di masa lalu," ujarnya.

"Di Williams, ketika kami memiliki Rubens Barrichello yang mengemudikan mobil kami, dia bekerja keras selama musim 2010 dan 2011 sampai-sampai dia berkata: 'Inilah yang harus kamu lakukan, inilah yang harus kamu lakukan sekarang di banyak bagian mobil'. Mobil tahun 2012, yang sayangnya tidak jadi dia kendarai, merupakan hasil dari kerja keras yang telah dia lakukan," kenangnya.

(aw)

Artikel Tag: aston martin, Sebastian Vettel

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/raih-8-kali-podium-di-2023-aston-martin-puji-kontribusi-sebastian-vettel
365  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini