Podiumnya Sempat Batal, Fernando Alonso Kritik Cara Kerja FIA

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 20 Mar 2023, 21:15 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso merasa kesal karena FIA baru memberitahukan bahwa dirinya melakukan pelanggaran setelah mengklaim podium ketiga di GP Arab Saudi.

Fernando Alonso sukses mengamankan urutan ketiga saat balapan di Jeddah akhir pekan lalu. Akan tetapi ia dijatuhi penalti waktu 10 detik karena dianggap gagal melakukan penalti sebelumnya sehingga dicoret dari podium ketiga.

Setelah melakoni penalti lima detik awal selama pit stop karena dinilai telah keluar dari posisinya di grid start, kru Aston Martin dianggap sudah mulai mengganti ban mobil sebelum lima detik berlalu.

Menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh FIA pasca-balapan, penalti kedua baru dikonfirmasi beberapa menit setelah pria asal Spanyol itu merayakan podium bersama Sergio Perez dan Max Verstappen.

“Saya pikir hari ini tidak bagus untuk para penggemar. Ketika Anda mengambil 35 lap untuk menerapkan penalti dan menginformasikan tentang penalti dan Anda menginformasikan setelah podium, ada sesuatu yang salah dalam sistem. Tapi begitulah adanya,” ujar Alonso dikutip dari Crash.

“Saya merasa kasihan pada para penggemar. Tapi saya sangat menikmati podium. Saya mengambil trofi, saya memiliki fotonya, saya merayakannya dengan sampanye. Sekarang untuk memiliki 15 poin atau 12 poin itu benar-benar tidak banyak berubah bagi saya. Tapi itu agak menyedihkan untuk FIA, ya,” imbuhnya.

Pebalap tertua di grid F1 2023 itu bersimpati kepada George Russell (finis P4) dan Mercedes karena tidak jadi mendapat podium ketiga setelah ia terbukti tak melakukan pelanggaran.

“Tidak, itu tidak adil untuk George, karena saya kira sponsor Mercedes akan senang berada di podium. Tapi bagi kami itu bagus, kami memiliki (sponsor utama yang berbasis di Saudi) Aramco, kami memiliki gambarannya dan saya pikir itu tidak adil untuk George karena jika dia benar-benar berada di urutan ketiga dalam balapan, dia seharusnya menikmati podium dan bukan saya,” tuturnya.

“Jadi saya merasa kasihan pada George, untuk sponsor Mercedes, untuk para penggemar George. Bagi saya, saya hanya memanfaatkan balapan ini. Jika George benar-benar pantas naik podium, sangat disayangkan dia tidak bisa merayakannya. Bagi saya, saya menikmatinya,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Fernando Alonso, aston martin, F1 2023, GP Arab Saudi, FIA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/podiumnya-sempat-batal-fernando-alonso-kritik-cara-kerja-fia
463  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini