Oscar Piastri Diprediksi Bakal Lakukan Debut F1 Pertamanya di GP Prancis

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 23 Jun 2022, 11:50 WIB
Oscar Piastri

Oscar Piastri

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Reserve driver Alpine, Oscar Piastri, diyakini akan segera melakukan penampilan F1 pertamanya. Ia pun diprediksi turun di GP Prancis bulan Juli mendatang.

Sudah setengah tahun Oscar Piastri menjalankan perannya sebagai pebalap cadangan Alpine. Ia sibuk bekerja di balik layar sambil mencari kursi untuk tampil di Formula 1.

Motorsport.com lalu mendengar selentingan kalau pemuda asal Australia itu bakal diturunkan pada sesi latihan bebas pertama F1. Sebagai informasi, masing-masing tim punya jatah dua FP1 khusus untuk pebalap rookie pada musim ini.

Selama sembilan putaran awal, baru dua tim yang sudah menjalankan kewajiban tersebut. Di Barcelona, pebalap Formula 2, Juri Vips, dipercaya menggeber mobil Red Bull RB18 milik Sergio Perez. Lalu pebalap Formula E, Nyck de Vries, diminta menggantikan Alex Albon (Williams).

Sementara itu rookie Alfa Romeo, Guanyu Zhou, mendapat kesempatan serupa bersama timnya dalam seri pembuka di Bahrain. Masih ada 17 pebalap berusia muda lain yang menunggu peluang menjajal mobil jet darat dalam sesi tes resmi.

Beberapa waktu lalu, bos Alpine, Otmar Szafnauer, memberikan sinyal bahwa Oscar Piastri akan segera melakukan debutnya di Formula 1, tapi bukan di GP Inggris.

“Kami bisa katakan kepada Anda bahwa itu tidak terjadi di Silverstone. Namun, tidak juga terlalu jauh. Jawabannya adalah kami mencoba menempatkannya di dalam mobil. Tidak lama lagi, tapi belum kami umumkan,” ucapnya.

Setelah balapan di Silverstone, kejuaraan musim 2022 bakal dilanjutkan dengan GP Austria. Namun sepertinya tak mungkin menurunkan Piastri di Sirkuit Red Bull Ring karena sprint race yang membuat latihan bebas dipangkas.

Lokasi yang mungkin untuk menyaksikan penampilan perdananya di kelas premier adalah di GP Prancis, yang juga merupakan balapan kandang bagi Alpine. Pebalap berusia 21 tahun itu pun tak asing dengan Sirkuit Paul Ricard karena pernah mengaspal di sana dalam ajang Formula Renault Eurocup 2019.

Ia juga santer dikabarkan bakal mendapat kursi pebalap reguler Williams pada musim depan. Namun Szafnauer dengan tegas menepis rumor tersebut.

“Oscar adalah talenta muda dan bersinar. Dia telah menguji mobil tahun lalu. Selain di Silverstone, dia telah melakukan beberapa yang lain dan akan ada beberapa kesempatan lagi di masa depan. Dia melakukan dengan sangat bagus,” tuturnya.

“Kami mengontrak Oscar dan punya beberapa opsi untuknya. Jadi tidak perlu terburu-buru. Kami akan menikmati waktu kami dan saat momen yang tepat, dalam musim yang konyol, kami akan melihat sekitar dan membuat keputusan itu,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Oscar Piastri, F1 2022, GP Prancis, Alpine

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/oscar-piastri-diprediksi-bakal-lakukan-debut-f1-pertamanya-di-gp-prancis
695  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini