Grand Prix Belgia Tetap Masuk Kalender Formula 1 Selama Satu Tahun Lagi

Penulis: Depe Ptr
Kamis 08 Jun 2023, 13:29 WIB
Grand Prix Belgia Tetap Masuk Kalender Formula 1 Selama Satu Tahun Lagi

Grand Prix Belgia / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Grand Prix Belgia akan tetap berada di kalender Formula 1 setidaknya satu tahun lagi setelah rencana untuk mengadakan Grand Prix Afrika Selatan menemui hambatan, menurut berbagai laporan terbaru.

Hubungan "hangat" Afrika Selatan dengan Rusia dilaporkan telah menghalangi F1 untuk menyetujui kesepakatan untuk sekali lagi mengadakan balapan di Sirkuit Kyalami.

F1 mengakhiri kontraknya dengan Grand Prix Rusia tahun lalu karena invasi dan perang dengan Ukraina, dengan mengatakan "tidak mungkin" mengadakan balapan di negara itu dalam iklim saat ini.

FIA memutuskan bahwa semua pembalap dari Rusia dan Belarusia, yang membantu upaya perang Vladimir Putin, harus balapan di bawah bendera netral. Itu juga melarang sponsor dan logo Rusia muncul di acara yang disetujui FIA.

Sirkuit Kyalami telah menjadi tuan rumah bagi 20 kejuaraan Grand Prix Formula 1, yang terakhir dimenangkan oleh Alain Prost pada tahun 1983.

Ada pembicaraan awal antara penyelenggara dan CEO F1, Stefano Domenicali, untuk menambahkan negara tersebut ke dalam kalender tahun ini, tetapi trek tersebut belum siap menjadi tuan rumah balapan F1.

Kembalinya Grand Prix Afrika Selatan akan mengorbankan Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps yang bersejarah.

Sekarang, kedudukan politik Afrika Selatan dengan Rusia tampaknya telah menunda Grand Prix lebih lanjut, dan tidak akan ada balapan di negara tersebut hingga setidaknya tahun 2025.

Itu berarti Grand Prix Belgia kemungkinan akan diberikan perpanjangan kontrak satu tahun lebih lanjut, memasukkan trek terkenal itu dalam 57 balapan kejuaraan tahun depan.

Max Verstappen memenangkan balapan tahun lalu di Stavelot dari posisi ke-14 di grid dalam perjalanan menuju gelar dunia keduanya secara berturut-turut.

Artikel Tag: Grand Prix Belgia, Formula 1, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/grand-prix-belgia-tetap-masuk-kalender-formula-1-selama-satu-tahun-lagi
558  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini