GP Rusia Akhirnya Resmi Dihapus dari Kalender F1

Penulis: Senja Hanan
Kamis 03 Mar 2022, 22:55 WIB
Formula 1 resmi menghapus kontrak dengan promotor GP Rusia.

Formula 1 resmi menghapus kontrak dengan promotor GP Rusia.

Ligaolahraga.com -

Berita F1: FIA nampaknya berani mengambil keputusan tegas terkait GP Rusia. Formula 1 telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak menyusul invasi yang dilakukan kepada Ukraina.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, F1 juga pekan lalu telah mengumumkan pembatalan GP Rusia tahun ini yang seharusnya menempati slot pada  25 September.

Balapan yang sedianya dipindah dari Sochi Olympic Park ke sirkuit di luar St Petersburg pada tahun depan itu memiliki kontrak hingga 2025. Namun, FIA memutuskan untuk mengakhiri kontrak itu lebih cepat.

"Formula 1 dapat mengonfirmasi telah menyudahi kontrak dengan promotor Grand Prix Rusia yang berarti Rusia tidak akan memiliki balapan di masa depan," demikian juru bicara pemegang hak komersial F1 seperti dikutip Crash.

F1 menarik diri dari Rusia setelah badan balap dunia FIA pada Selasa mengeluarkan pernyataan yang mengutuk invasi negara itu ke Ukraina, namun mengizinkan pebalap Rusia dan Belarus tetap berpartisipasi di ajang balap dunia dengan kapasitas netral.

Grand Prix Rusia bergabung ke kalender F1 pada 2014 silam dan telah dihadiri oleh presiden Vladimir Putin, yang juga menyerahkan trofi di podium.

Selain Rusia kehilangan tempatnya di kalender F1, keputusan Vladimir Putin untuk berperang dengan Ukraina memiliki konsekuensi yang lebih luas di dunia motorsport.

Pada hari Senin, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyerukan agar atlet dari Rusia dan Belarusia dilarang mengambil bagian dalam acara internasional.

Hal ini menyebabkan keputusan FIA untuk memaksa pembalap Rusia dan Belarusia untuk balapan di bawah bendera netral.

Tak lama setelah itu, Motorsport UK - badan pengatur Inggris - mengambil satu langkah lebih jauh dengan mengumumkan bahwa pemegang lisensi Rusia dan Belarusia tidak akan dapat balapan di Inggris, yang berarti Nikita Mazepin tidak dapat balapan di Grand Prix Inggris akhir tahun ini.

Artikel Tag: gp rusia, f1, FIA, Vladimir Putin

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-rusia-akhirnya-resmi-dihapus-dari-kalender-f1
375  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini