Formula 1: Larangan Perubahan Mode Mesin Hambat Pembalap Mercedes

Penulis: Akmal Saputra
Rabu 09 Sep 2020, 10:00 WIB
Balapan Formula 1 di GP Italia

Mercedes merasa larangan mengubah mode mesin menghambat pembalapnya di balapan GP Italia/Image Motorsport

Berita Formula 1: Pimpinan Mercedes Formula 1 Toto Wolff mengakui larangan Federasi Otomotif Dunia (FIA) pada perubahan mode mesin menghambat upaya balik dari pembalapnya, yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di Grand Prix Italia

Balapan di Italia menandai grand prix pertama sejak FIA mengeluarkan arahan teknis yang melarang perubahan pengaturan mode mesin di kualifikasi dan balapan dan memaksa pembalap untuk tetap dalam pengaturan daya yang sama sepanjang akhir pekan.

Keputusan itu memang tidak berdampak pada kecepatan kualifikasi Mercedes tetapi mendapat pukulan keras dalam balapan ketika Hamilton dan Bottas mengalami kemunduran.

Dilansir dari Motorsport, Toto Wolff mengungkapkan bahwa aturan untuk tetap dalam pengaturan yang sama di kualifikasi dan balapan telah menghalangi upaya pembalapnya untuk bangkit kembali di balapan.

"Kami selalu mengatakan bahwa, Anda membuat satu mode kekuatan untuk seluruh balapan berarti Anda tidak punya bumbu ekstra untuk menyalip," kata Wolff.

"Anda tidak memiliki mode ekstra yang dapat anda putuskan atau tidak gunakan dalam perlombaan untuk menyalip, dan itu berlaku untuk semua tim kecil seperti berlaku untuk tim besar. Saya pikir balapan adalah konsekuensi dari keputusan itu," sambungnya.

Namun Wolff memuji cara Hamilton dalam balapan yang benar-benar bagus meskipun ada petunjuk teknis mode mesin setelah juara dunia enam kali itu bangkit dari posisi ke-17 menjadi ketujuh.

"Sulit untuk menyalip di Monza, karena dengan TD ini pada mode mesin, Anda tidak bisa begitu saja menaikkannya untuk menyalip dan Anda juga tidak bisa menaikkannya untuk bertahan," kata Wolff. 

"Bahkan lebih banyak dorongan yang sangat bagus untuk pulih ke P7. Tapi jelas itu balapan yang hilang baginya dan tim, dan sentimen ini berlaku," pungkasnya.

Artikel Tag: Formula 1, mercedes f1, Toto Wolff, Hamilton, Bottas

1289  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini