Formula 1 Dinilai Kurang Menarik Dibanding IndyCar

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 23 Jan 2022, 10:40 WIB
IndyCar, Josef Newgarden

Josef Newgarden

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Josef Newgarden mengaku kurang tertarik dengan ajang balap mobil Formula 1 karena kesempatan bagi tiap pebalap untuk bersinar sangatlah kecil dibanding IndyCar.

Josef Newgarden sempat menjadi salah satu harapan Amerika Serikat untuk tampil di kejuaraan Formula 1. Pada 2009 lalu, Newgarden menyelesaikan Britih Formula Ford Championship di posisi kedua dan tahun berikutnya ia menjadi pebalap GP3 (kini Formula 3).

Tetapi, pria berusia 30 tahun itu tak mendapatkan kokpit untuk balapan di Eropa dan akhirnya kembali ke negara asalnya. Menariknya, Newgarden berhasil menjuarai Indy Lights pada 2011 dan menjadi dua kali kampiun IndyCar pada 2017 dan 2019.

Jelang dimulainya musim 2022, pebalap Team Penske itu mengkritik Formula 1, yang mana sangat sulit bagi para driver bertalenta untuk masuk ke kejuaraan tersebut.

“Ketika saya memikirkan tentang Formula 1, saya melihat kejuaraan tersebut lebih tentang persaingan pabrikan,” kata Newgarden seperti dikutip dari Speedweek.

“Para desainer berusaha membangun mobil tercepat dan mencoba menjadi juara dunia,” imbuhnya.

Formula 1 diketahui membebaskan setiap pabrikan untuk membangun mobil mereka tanpa menyeragamkan salah satu komponennya. Berbeda dengan IndyCar, yang menggunakan sasis standar dari Dallara dan semua tim hanya bekerja sama dengan dua pabrikan mesin, Honda dan Chevrolet.

“Semakin tua dan melihat grand prix, makin berkurang ketertarikan saya mengikuti Formula 1. Itu tidak terlihat seperti pertarungan pebalap dalam memperjuangkan gelar,” ia mengungkapkan.

“Berbeda dengan IndyCar, ini merupakan kejuaraan yang mana Anda sebagai seorang pebalap dapat bersinar,” tambahnya.

“Sebagai seorang pilot, Anda ingin memperjuangkan kemenangan dan idealnya untuk titel,” lanjut Newgarden.

“Mungkin di Formula 1 terlalu sedikit yang bisa melakukannya. Itu sebabnya saya melihat di sana kurang menarik,” ia menuturkan.

“Tentu saja saya ingin mengendarai mobil Formula 1. Hanya saja untuk mendapatkan gambar yang bagus,” imbuhnya.

Kedua ajang balap mobil tersebut memang sangat berbeda. Sementara Formula 1 selalu menjadi puncak keunggulan teknik dengan fokus besar pada desain dan pengembangan, IndyCar justru memprioritaskan bentuk trek yang setara dengan anggaran jauh lebih rendah.

Itulah yang membuat banyak tim dan para pebalap lebih tertarik mengikuti ajang tersebut, mengingat tenaga yang dihasilkan juga tak jauh berbeda.

Artikel Tag: Indycar, Formula 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/formula-1-dinilai-kurang-menarik-dibanding-indycar
510  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini