Fittipaldi Sarankan Sistem Pit Stop Formula 1 Tiru IndyCar

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 03 Jun 2022, 13:10 WIB
Formula 1, Charles Leclerc, GP Monako

Charles Leclerc saat melakukan pit stop di GP Monako 2022

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap jet darat, Emerson Fittipaldi, menyarankan agar sistem pit stop di Formula 1 meniru IndyCar, dimana semua pebalap punya tempat masing-masing.

Jika saja eks pebalap jet darat, Emerson Fittipaldi, memiliki kuasa, sistem pit stop kejuaraan kelas utama tentu saja akan segera dirombak. Juara dunia F1 dua kali itu menganjurkan Formula 1 mengikuti cara IndyCar melakukannya.

GP Monako adalah balapan di mana strategi dan kinerja tim di pit turut menjadi faktor penentu dalam duel memperebutkan kemenangan. Itu tak berbeda pada edisi musim 2022, akhir pekan lalu.

Pebalap Ferrari, Charles Leclerc, mampu mengendalikan race di kampung halamannya pada tahap pembukaan. Tetapi strategi yang diterapkan tim tidak sesuai dengan harapan.

Pertama, pria berusia 24 tahun itu mendapati dirinya sudah berada di belakang Sergio Perez saat mengganti ban basah dengan intermediate. Kemudian Leclerc juga harus menunggu sang tandeman, Carlos Sainz, yang masih berada di pit.

Pria asal Spanyol tersebut datang ke pit sebagai pemimpin balapan GP Monako dan Leclerc pun awalnya dipanggil untuk mengganti set ban. Namun, begitu ia tiba, Ferrari ingin dirinya melanjutkan lomba.

Kegagalan strategi pabrikan asal Maranello itu berarti bahwa Charles Leclerc tidak hanya kehilangan kemenangan di Monako, tetapi juga gagal menembus zona podium.

Tetapi, di mata Emerson Fittipaldi, situasi tersebut mungkin saja tidak akan terjadi jika Formula 1 beralih ke metode kerja yang sama seperti dalam kejuaraan IndyCar.

Dalam ajang tersebut, semua pebalap punya tempat dan krunya masing-masing di pit, sehingga kedua pebalap tak perlu bergantian saat ingin mengganti ban.

“Saya merasa tidak nyaman tim dengan dua mobil hanya punya satu tempat untuk pit stop. Selama saya di IndyCar, setiap mobil memiliki tempatnya sendiri. Yang terjadi sekarang adalah Carlos Sainz datang ke pit dan mereka (Ferrari) minta Charles Leclerc juga masuk,” tutur Fittipaldi dilansir dari Motorsport.com.

“Namun, mereka tidak tahu dia berada begitu dekat di belakang dan ketika dia mendekati pit, mereka baru sadar dia begitu dekat dan memintanya untuk tetap berada di trek. Itu dapat terjadi dan akhirnya terjadi. Secara teori, tim F1 butuh dua tempat melakukan pit stop, jadi tak perlu ada konflik ini,” imbuhnya.

“Saya tahu ini adalah sistem yang mereka gunakan di F1 dan saya menghormatinya, tetapi itu yang akan terjadi ketika dua mobil datang ke pit pada saat yang sama. Tentu hal tersebut adalah masalah. Kedua mobil bisa tertunda dan kehilangan waktu dan ini yang dialami (Leclerc di Monako),” ia menuturkan.

Artikel Tag: Ferrari, Charles Leclerc, F1 2022, gp monako, Emerson Fittipaldi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fittipaldi-sarankan-sistem-pit-stop-formula-1-tiru-indycar
647  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini