FIA Umumkan Standar Helm Baru Untuk F1 Musim Depan

Penulis: Jonathan Febrian
Minggu 17 Jun 2018, 12:00 WIB
FIA Umumkan Standar Helm Baru Untuk F1 Musim Depan

Helm

Ligaolahraga.com -

Berita Formula 1 : Keamanan dan keselamatan para pebalap jet darat Formula 1 merupakan hal yang sangat penting. FIA mengumumkan sebuah desain baru untuk para pebalap Formula 1 yang wajib digunakan pada musim balapan tahun depan.

Baru-baru ini FIA selaku badan penyelenggara balap telah mengumumkan  desain helm baru untuk para pebalap Formula 1 yang dinilai dapat menyerap energi dan perlindungan balistik yang lebih canggih daripada helm yang ada saat ini. Desain helm baru tersebut merupakan hasil penelitian dari beberapa produsen helm papan atas seperti Stilo, Bell, Schuberth dan Arai.

Perubahan desain helm yang baru menurut FIA terdapat pada visor atau kaca helm yang posisinya diturunkan sebanyak 10 mm lebih rendah. Tujuan perubahan tersebut agar pebalap bisa terlindung dari ancaman benturan dan serpihan ketika terjadi insiden kecelakaan.

"Helm terbaik yang saat ini beredar sebenarnya sudah yang paling canggih di dunia. Tapi dengan standar ini, tingkat keamanan akan lebih tinggi lagi." ungkap Laurent Mekies, selaku direktur keselamatan FIA.

"Sangat penting bagi kami untuk melanjutkan penelitian dan terus berupaya mencari peningkatan. Inilah alasan mengapa kami mewajibkan semua produsen helm untuk memenuhi standar yang lebih ketat untuk kejuaraan ini."

Sebelum desain helm yang ditentukan oleh FIA, musim ini para pebalap Formula 1 juga menggunakan perangkat keselamatan pada kokpit mobilnya yang dinamakan "halo".Penggunaan perangkat keselamatan halo banyak menuai pro dan kontra dari para pebalap.

Beberapa pebalap menilai kehadiran halo menghalagi pandangan dan terlihat konyol dari segi estetika mobil. Namun peraturan harus dipatuhi, demi kenyamanan dan keselamatan para pebalap Formula 1.

Artikel Tag: FIA, Helm, Formula 1 2019

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fia-umumkan-standar-helm-baru-untuk-f1-musim-depan
2008  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini