FIA Ingin Ada Tim Baru di F1, Lampu Hijau Bagi Andretti Autosport?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 03 Jan 2023, 23:35 WIB
Colton Herta, pebalap Andretti Autosport yang digadang-gadang mampu terjun di F1

Colton Herta

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Andretti Autosport merasa mendapat harapan untuk gabung ke F1 setelah FIA diminta oleh Mohamed Ben Sulayem untuk meninjau ide menambah satu tim baru.

Kehadiran tim anyar di Formula 1 tampaknya akan terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya Federation Internationale de l'Automobile (FIA) diminta untuk bersiap-siap menyambut satu tim baru.

Hal ini akan membuat ada 11 tim yang berlomba di lintasan, setelah bertahun-tahun lamanya ajang jet darat bertahan dengan format 10 tim. Kali terakhir ada 11 tim di F1 yakni pada 2016 silam, dimana ketika itu Manor Racing tiba-tiba mundur dari kompetisi karena masalah finansial.

Peluang hadirnya satu tim baru sendiri diungkap oleh Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem,

"Aku telah meminta tim FIA-ku untuk muluncurkan ekspresi ketertarikan memproses prospek satu tim baru di kejuaraan F1," tulis Ben Sulayem di akun Twitter pribadinya.

Sayangnya FIA masih belum memberikan bocoran mengenai siapa tim baru yang akan segera masuk ke F1. Kendati demikian, publik menduga kuat Andretti Autosport lah yang bakal bergabung.

Tim asal AS itu diketahui cukup sukses mengepakkan sayap di sejumlah ajang balap mobil, termasuk IndyCar dan Formula E. Michael Andretti selaku pemilik juga berulang kali mengungkapkan minatnya untuk mengikut kejuaraan kelas utama.

Walaupun mendapatkan penolakan dari sejumlah petinggi tim F1, ia tidak gentar untuk mengungkapkan ambisi besarnya. Keluarga Andretti bahkan kabarnya sudah mulai membangun fasilitas baru untuk digunakan sebagai markas, yang konon bakal lebih besar dari milik Ferrari di Maranello, Italia.

Sejauh ini hanya McLaren dan Alpine saja yang menyambut hangat Andretti Autosport, sedangkan delapan tim lainnya tidak setuju karena khawatir keuntungan yang mereka dapat bakal berkurang.

Artikel Tag: Andretti Autosport, F1 2023, FIA, Mohamed Ben Sulayem

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fia-ingin-ada-tim-baru-di-f1-lampu-hijau-bagi-andretti-autosport
364  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini