Ferrari Ungkap Alasan Charles Leclerc Pakai Ban Intermediate di Kualifikasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 12 Nov 2022, 14:40 WIB
Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Direktur Balap Ferrari, Laurent Mekies, mengaku menerapakan strategi ban intermediate untuk Charles Leclerc dengan harapan sang pebalap meraih pole position.

Ferrari kembali membuat kesalahan strategi di kualifikasi GP Brasil. Charles Leclerc menjadi satu-satunya pebalap yang turun di Sirkuit Interlagos dengan ban intermediate.

Meskipun hujan turun, trek dirasa cukup kering untuk ban slick. Ini berarti pemilihan ban Leclerc salah total sebab ia jadi kesulitan melaju cepat.

Pemuda asal Monako tersebut mengaku sangat kecewa dengan Sang Kuda Jingkrak. Leclerc berencana untuk berbicara dengan para petinggi tim agar lebih hati-hati menentukan strategi di balapan lain.

“Kami mengharapkan hujan yang tidak pernah datang. Saya akan berbicara dengan tim dan mencoba memahami apa yang bisa kami lakukan dengan lebih baik dalam kondisi seperti itu. Tapi saya sangat kecewa. Kecepatannya ada di sana,” ucap Leclerc dilansir dari Motorsport.com.

Ferrari beralasan bahwa keputusan memakai ban intermediate dirasa menjadi cara terbaik untuk merebut pole position. Selain itu sesi kualifikasi berlangsung dalam kondisi cuaca tak menentu.

Mereka meyakini jika hujan turun mengguyur lintasan, para pebalap yang menggunakan ban slick akan kesulitan. Ini akan menjadi peluang besar bagi Charles Leclerc untuk meraih start terdepan untuk Sprint Race.

Direktur balap Ferrari, Laurent Mekies, mengatakan bahwa ada regulasi motorsport yang menyatakan untuk selalu menggunakan slick saat trek kering. Hal itu membuat tim berani bertaruh di kualifikasi ketiga karena hujan akan segera turun.

“Agak membuat frustrasi karena kami memasukkan kedua mobil ke Q3, dan kemudian kami dihadapkan pada pilihan yang sulit,” tuturnya.

“Di satu sisi, Anda memiliki trek yang masih kering. Dan ada aturan emas yang mengatakan bahwa Anda harus pergi ke trek itu saat kering. Di sisi lain, kami mengharapkan hujan lebat segera. Oleh karena itu, pada akhirnya, kami telah membagi (strategi) mobil kami.”

Mekies tak menampik bahwa pabrikan asal Maranello sengaja mengorbankan salah satu pebalapnya untuk mencapai tujuan.

“Anda selalu tahu, pada saat di mana mobil Anda padam, tergantung pada waktu hujan yang tepat, itu akan menjadi satu orang yang bahagia dan satu orang yang tidak bahagia. Itulah yang terjadi,” ia menjelaskan.

“Hujan datang mungkin satu atau dua menit terlambat untuk Charles, dan mungkin waktu yang tepat untuk Carlos yang berada di urutan kedua. Begini caranya: P5 dan P10. Ini adalah awal dari akhir pekan yang sangat panjang,” tambahnya.

Mekies berharap Ferrari bisa belajar dari kejadian di kualifikasi GP Brasil. Apalagi timnya kerap menjadi sorotan sepanjang musim 2022 karena kerap membuat blunder.

“Kami memiliki banyak, banyak kualifikasi yang bagus tahun ini, termasuk dalam kondisi yang sangat sulit seperti hari ini,” ucapnya.

“Tetapi dalam situasi sulit seperti ini, selalu ada banyak hal yang harus dipelajari tentang keputusan yang tepat untuk dibuat dan tentang yang kurang tepat.”

“Tentu saja itu adalah sesuatu yang telah kami ambil, dengan kebiasaan baik, untuk menganalisis secara detail dengan tim dengan pebalap dan bekerja sama untuk selalu menjaga. Kami akan menggunakan hari ini untuk membuat langkah lain bersama-sama,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Charles Leclerc, Ferrari, F1 2022, gp brasil

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ferrari-ungkap-alasan-charles-leclerc-pakai-ban-intermediate-di-kualifikasi
465  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini