F1 Butuh Perubahan Radikal Agar Tiap Tim Punya Kesempatan Menang

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 13 Jan 2020, 16:40 WIB
F1 Butuh Perubahan Radikal Agar Tiap Tim Punya Kesempatan Menang

Prototype mobil Formula 1 2021

Berita F1: Kepala Staf Teknis Formula 1, Pat Symonds, menegaskan bahwa F1 butuh perubahan besar agar semua tim punya peluang untuk bersaing memperebutkan kemenangan.

Formula 1 bakal menluncurkan desain mobil baru dan peraturan baru yang juga akan diterapkan mulai musim balapan tahun 2021. Regulasi anyar tesebut kini telah digodok selama dua tahun dan telah disetujui oleh Federasi Olahraga Motor Dunia (FIA).

Mobil F1 2021 memiliki desain yang lebih mengalir, juga menggunakan ban berprofil rendah 18 inci dari Pirelli. Dengan desain baru, seperti sayap depan yang memiliki sirip hiu di kedua sisi dan sayap belakang yang revolusioner, mobil 2021 diharapkan bisa menurunkan downforce dari 50 persen menjadi 15 persen.

Regulasi baru ini bertujuan agar tak ada lagi yang dominan di balapan F1 dan semua tim bisa bersaing untuk menjadi pemenang. Selain itu peraturan ini juga menyebutkan setiap tim tidak boleh melebihi bujet 175 juta dolar AS (2,4 triliun rupiah) per tahun selama mengikuti 21 seri balapan musim 2021.

Kepala Staf Teknis F1, Pat Symonds, mengungkapkan bahwa pembatasan anggaran akan membuat semua tim terlihat sama dan memperketat persaingan.

ÔÇťOrang-orang sukses cenderung menerima dan menghadapi perubahan jauh lebih baik daripada yang lain. Untuk tim-tim F1, kondisi ini sedikit berbeda karena ada keterlibatan investasi yang sangat besar," ucap Symonds seperti dilansir dari laman Crash.

"Saat kami menyusun peraturan untuk musim 2021, saya harus mengatakan bahwa tim-tim papan atas lebih memberikan perlawanan daripada tim-tim di bawahnya."

"Saya pikir hal itu wajar. Tetapi, yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah bisnis yang berjalan baik. Untuk sekarang, ini bukan bisnis yang bisa bertahan lama walaupun masih kelihatan sangat sehat," imbuhnya.

"Kita perlu melindungi masa depan Formula 1 dan kita hanya bisa menjaganya dengan membuat F1 lebih menarik, terutama bagi penonton muda. Hal itu akan melibatkan banyak perubahan," sambung Symonds.

Kesenjangan hasil balapan di Formula 1 memang kerap kali membuat para penggemar merasa kurang begitu antusias dengan ajang balap jet darat ini. Sejak GP Australia 2016 hingga GP Meksiko 2019, dari 240 tempat podium bagi para pebalap, hanya enam kali bisa ditempati pebalap yang bukan dari Mercedes, Ferrari, dan Red Bull. Dengan adanya regulasi anyar ini, diharapkan semua tim bisa berpeluang meraih podium dan persaingan semakin berimbang.

Artikel Tag: Formula, F1 2021

1769  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini