Bos Mercedes Sudah Ikhlas Max Verstappen Jadi Kampiun F1 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 09 Des 2022, 21:00 WIB
Mercedes, Toto Wolff

Toto Wolff

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Mercedes, Toto Wolff, sudah tak ingin mengungkit peristiwa di GP Abu Dhabi 2021 dan menerima fakta bahwa Max Verstappen adalah juara dunia musim lalu.

Baru-baru ini Prinsipal Mercedes, Toto Wolff meminta tak ada lagi pembahasan mengenai balapan GP Abu Dhabi 2021 yang kontroversial. Menurutnya hal itu akan berdampak sangat lama kepada timnya. Namun pertanyaan soal sah tidaknya titel juara Max Verstappen harus hilang.

Setahun setelah perburuan gelar titel F1 2021, momen tersebut masih terus menjadi perbincangan. Dalam wawancara dengan podcast Beyond the Grid, Wolff ditanya tentang dampaknya terhadap The Silver Arrows dan apakah itu akan berlanjut hingga 2023.

“Abu Dhabi 2021 akan memengaruhi kami untuk waktu yang lama, mungkin selamanya,” tutur Wolff dilansir dari GridOto.com.

Pria asal Austria itu meminta setiap orang untuk melupakan apa yang terjadi Yas Marina dan bekerja seperti biasa.

“Saya pikir kami sudah move on. Max pantas jadi juara, begitu juga dengan Lewis. Pada hari itu poinnya sama, semoga yang terbaik menang. Bukan itu masalahnya,” ia mengatakan.

Kekecewaan utama Mercedes sendiri terletak pada aturan tentang kemunculan periode safety car. Direktur Balap F1 ketika itu, Michael Masi, membiarkan lewat beberapa mobil yang sudah tertinggal.

“Kejuaraan sudah disegel dan selesai, kita tidak boleh terus berlarut-larut. Anda harus menghentikannya, Max adalah juara dunia dua kali, juara dunia yang pantas. Kesalahan telah dibuat, FIA mengakuinya dan kami harus move on,” tegas Wolff.

Menurutnya, keadilan dan penegakan aturan merupakan sesuatu yang krusial. Mercedes pun telah menerima fakta bahwa Lewis Hamilton gagal merebut titel juara F1 kedelapannya.

Pria asal Inggris tersebut disalip oleh Max Verstappen satu lap menjelang finis di GP Abu Dhabi 2021. Alhasil sang rival dinobatkan sebagai kampiun meski beberapa orang memprotes hasil balapan

Setelah FIA turun tangan dan melakukan berbagai penyelidikan, mereka mengakui adanya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Akan tetapi Max Verstappen tetaplah juara dunia F1 2021 yang sah.

Artikel Tag: Toto Wolff, Mercedes, F1 2021, F1 2022, Max Verstappen, Red Bull, Lewis Hamilton

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/bos-mercedes-sudah-ikhlas-max-verstappen-jadi-kampiun-f1-2021
360  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini