Esteban Ocon Kesal GP Prancis Terancam Hilang dari Kalender Balap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Jun 2022, 13:30 WIB
Esteban Ocon

Esteban Ocon

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Esteban Ocon kecewa karena masa depan gelaran Formula 1 di negara asalnya, GP Prancis, tak kunjung mendapat kejelasan dan berpotensi dihapus dari kalender.

Pada 2018, gelaran GP Prancis kembali ke kalender balap Formula 1 setelah absen selama satu dekade, dengan Sirkuit Paul Ricard sebagai tuan rumah menggantikan Sirkuit Magny-Cours.

Tapi setelah melangsungkan empat edisi, pada 2020 balapan di negara yang identik dengan Menara Eiffel itu terpaksa dibatalkan akibat pandemi virus Covid-19. Seri GP Prancis pada 24 Juli mendatang lantas dikabarkan bakal menjadi perlombaan Formula 1 terakhir di sana karena kontrak tak kunjung diperpanjang.

Pemegang hak komersial Forula 1, Liberty Media, mengaku ingin terus memperluas kalender, dengan membawa ajang balap jet darat ke seluruh penjuara dunia. Itu telah mereka buktikan dengan mengadakan tiga balapan di Benua Amerika Serikat (Austin, Miami, dan Las Vegas).

Tempat-tempat terpencil Le Castellet dan GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, kini tengah berjuang untuk memperbarui kontrak. Namun, proposisi komersial di sana dirasa kurang menarik untuk Liberty Media, meski punya sejarah penting bagi kejuaraan.

Semakin kecil ruang dalam kalender balap, baik Prancis dan Belgia bisa menjadi tuan rumah secara bergantian di setiap musim, atau berpotensi untuk hilang selamanya.

Esteban Ocon yang berlaga di seri GP Prancis pada 2018 dan 2021, mengaku sangat kecewa dengan masa depan balapan kandangnya itu.

“Saya mengikuti diskusi yang sedang berlangsung dengan jelas dan melihat bagaimana itu terjadi. Tetapi ya, itu tidak terlihat terlalu bagus,” kata Ocon dikutip dari Motorsport.com.

“Jelas ini sangat mengecewakan. Saya telah menjalani karir muda saya ketika Grand Prix Prancis tidak ada dalam kalender,” ia mengimbuhkan.

“Kemudian itu kembali, dan saya sangat beruntung dan sangat beruntung bisa balapan di sana. Kami memilikinya tahun ini, dan kami akan menikmatinya sepenuhnya,” lanjutnya.

Selain itu, masa depan seri GP Monako juga ikut terancam karena lintasan yang sangat monoton. Padahal, Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo merupakan salah satu trek tertua dan memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi Formula 1.

Ocon pun menyarankan pihak penyelenggara untuk mempertahankan dan melestarikan beberapa perlombaan paling bersejarah di ajang kelas premier.

“Saya pikir ada negara-negara yang kami perlukan untuk berlomba,” ujarnya.

“Prancis adalah salah satu dari negara itu. Belgia juga termasuk di dalamnya, dan Monaco merupakan bagian peting dari itu,” ia menegaskan.

“Kami harus memberi tahu Anda tentang balapan yang spesial bagi kami dan lihat apa yang kami lakukan dengan trek-trek itu,” tutup Ocon.

Artikel Tag: Esteban Ocon, Alpine, F1 2022, GP Prancis

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/esteban-ocon-kesal-gp-prancis-terancam-hilang-dari-kalender-balap
525  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini