Eks Bos Ferrari Sebut Lewis Hamilton dan Mercedes Telah Lewati Schumacher

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 06 Jan 2021, 22:35 WIB
Lewis Hamilton, GP Emilia Romagna 2020

Lewis Hamilton meraih kemenangan di F1 GP Emilia Romagna 2020

Berita F1: Presiden FIA, Jean Todt, menilai bahwa dominasi Lewis Hamilton dan tim Mercedes selama ini telah melampaui masa jaya pebalap F1 legendaris, Michael Schumacher bersama Ferrari.

Michael Schumacher dan Ferrari telah mengukir rekor yang tak terlupakan di ajang balap Formula 1 dengan menjadi juara lima kali beruntun pada musim 2000 hingga 2004.

Catatan tersebut membuat Schumacher mampu melengkapi trofi juara dunianya menjadi tujuh. Sementara Ferrari sukses menjadi juara dunia konstruktor dari 1999 hingga 2004.

Sosok Jean Todt yang merupakan kepala tim Ferrari pada saat itu dinilai punya andil besar dalam kesuksesan skuat berjuluk Kuda Jingkrak tersebut. Namun pria yang kini menjadi Presiden FIA itu menilai bahwa era kejayaan Schumacher kini telah terlampaui. Adalah Lewis Hamilton dan Mercedes yang kini dinilai telah melampaui kejayaan tersebut.

Meskipun mengakui bahwa Schumacher-Ferrari dan Hamilton-Mercedes adalah dua hal yang sulit dibandingkan. Namun, Jean Todt tak menampik fakta tersebut.

"Menurut saya kita bicara soal dua orang berbeda dan materi yang berbeda antara Hamilton dan Schumacher, serta Mercedes dan Ferrari. Hal yang sama hanyalah mereka mengumpulkan tujuh titel juara dunia," kata Todt.

"Di sisi lain, Mercedes adalah tim Jerman yang terstruktur dengan seorang pembalap yang sangat berbakat. Di sisi lain ada tim Italia yang punya mentalitas berbeda sebelum berubah menjadi lebih terstruktur, lengkap dengan seorang pembalap hebat," ujarnya melanjutkan.

"Supremasi Mercedes dan Lewis Hamilton lebih besar ketimbang Ferrari bersama Schumacher. Mobil Mercedes sangat layak diandalkan. Selain ketika absen di Bahrain, Lewis tak pernah kehilangan poin selama dua tahun," ucap Todt.

"Catatan itu luar biasa, dan Hamilton pun tak melakukan kesalahan. Itu kombinasi yang sangat bagus," tutur Todt lagi.

Mercedes dan Lewis Hamilton telah mendominasi Formula 1 sejak 2014 hingga 2020. Mercedes menjadi juara dunia konstruktor tujuh kali berturut-turut pada periode tersebut.

Sementara Hamilton sendiri menjadi juara dunia pada 2014, 2015, dan secara berturut-turut pada 2017-2020.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Michael Schumacher, Mercedes, Ferrari, Jean Todt

2252  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini