Ditendang Ferrari, Mattia Binotto Jadi Incaran Pabrikan Besar

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 04 Des 2022, 23:10 WIB
Mattia Binotto

Mattia Binotto

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Mattia Binotto dikabarkan tengah dilirik oleh Audi, Red Bull Racing, hingga Mercedes setelah pekan lalu Ferrari mengumumkan kepergiannya akhir tahun ini.

Mattia Binotto akan resmi kehilangan jabatannya sebagai Prinsipal Ferrari pada 31 Desember mendatang. Namun bukan hanya jabatan sebagai prinsipal saja yang ia tinggalkan, tetapi juga pergi selama-lamanya dari pabrikan asal Maranello.

Harus diakui bahwa F1 2022 menjadi musim yang cukup positif bagi Ferrari dan Binotto setelah mengalami kesulitan di tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi Sang Kuda Jingkrak kerap melakukan blunder dalam menentukan strategi balapan dan hal itu menjadi tanggung jawab Binotto.

Salah besar jika banyak penggemar jet darat yang mengira pria kelahiran Swiss tersebut tak kompetitif dan patut dipecat. Binotto dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Prinsipal Ferrari karena ia pandai dalam urusan teknis pengembangan mobil.

Binotto muda diketahui menjadi salah satu figur penting saat tim berjaya di akhir 1990-an bersama Michael Schumacher hingga gelar juara terakhir yang dipersembahkan oleh Kimi Raikkonen.

Mobil F1-75 juga menjadi bukti lain, di mana performanya sangat kencang meskipun masih ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki. Dengan jet darat itu, Ferrari kembali bersaing di barisan depan dan bertarung dengan Red Bull Racing serta Mercedes.

Kini Mattia Binotto diprediksi menjadi incaran emas bagi pabrikan-pabrikan lain yang membutuhkan kemampuan hebatnya. Pria berusia 53 tahun itu sendiri belum berniat untuk pergi dari F1 dan mengharapkan punya peluang lain agar bisa bertahan.

Beberapa rumor menyebut ada pabrikan yang bersedia merekrut Binotto. Audi, pabrikan yang bakal turun di kelas utama pada 2026, dikabarkan cukup berminat untuk menjadikannya sebagai pemimpin proyek besar mereka.

Selain itu Die Roten Bullen juga bisa saja mendatangkan Binotto. Pabrikan asal Austria itu saat ini tengah berusaha membangun power unit sendiri lewat proyek Red Bull Powertrains.

Mercedes sebagai salah satu raksasa F1 juga tak ketinggalan. Binotto bisa jadi amunisi tambahan untuk divisi powertrains pabrikan asal Jerman karena banyak insinyur berbakat The Silver Arrows yang pergi karena dibajak oleh Red Bull.

Artikel Tag: Mattia Binotto, Ferrari, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ditendang-ferrari-mattia-binotto-jadi-incaran-pabrikan-besar
856  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini