Demi Kurangi Berat, Ferrari Bakal Ubah Warna Cat Mobil F1-75

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 13 Mei 2022, 23:10 WIB
Ferrari, Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Ferrari berencana menghilangkan cat serta pelapis transparan pada beberapa bagian mobil F1-75 agar mereka bisa mendekati bobot yang ditentukan oleh regulasi.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh tim-tim F1 untuk memangkas berat mobil mereka. Mengelupas cat atau mengubah desain livery pun menjadi solusi yang paling praktis.

Strategi tersebut sudah ditempuh oleh Williams, Aston Martin dan McLaren. Ferrari yang memiliki mobil dengan bobot berlebih juga mengikuti langkah serupa jelang balapan di Sirkuit Barcelona, tuan rumah GP Spanyol.

Hal ini masuk dalam rencana upgrade yang diusung oleh pabrikan asal Maranello tersebut. Sebagai informasi, kedua pebalap mereka, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, menuntut perubahan setelah gagal mencetak kemenangan dalam dua putaran terakhir.

Sejak awal, Ferrari menegaskan kalau upgrade mobil hanya akan diterapkan saat kembali ke Benua Eropa. Namun, sprint race di GP Emilia Romagna menghalangi eksekusi. Pabrikan asal Italia itu pun tak mau ambil risiko.

Jadi rasa penasaran para penggemar baru akan terjawab di seri GP Spanyol. Bos Ferrari, Mattia Binotto, sudah mengkonfirmasi kabar tersebut, namun enggan mengulas lebih dalam.

Ia menyampaikan kalau timnya akan memasang sayap belakang mobil dengan beban besar.

“Satu hal klasik ketika Anda sampai di Barcelona. Saya tidak tahu warnanya. Saya sedang memikirkannya,” ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

Candaan pria asal Italia tersebut tampaknya akan menjadi kenyataan. Jeda kompetisi selama dua pekan lantas dimanfaatkan untuk mengubah cat mobil F1-75.

Menurut kalkulasi tim berlogo kuda jingkrak itu, setelah mengelupas cat elemen karbon bagian bawah, bobot mobil diketahui akan berkurang 700 gram. Warna merah mobil mungkin yang paling ringan di paddock, tapi bobot masih bisa dipangkas lagi ketika pelapis transparan yang membuat sasis F1-75 mengilap juga dihilangkan.

Setelah menyaksikan Red Bull Racing dan Williams mengganti beberapa bagian bodi dengan fiber karbon gelap, Ferrari agak melunak.

Mereka mengaku masih ingin menjunjung DNA sebagai produsen mobil mewah, namun dalam situasi ini tim perlu mencari jalan tengah. Perubahan akan dilakukan di bagian mobil yang tidak terlalu mencolok, kecuali dalam pencahayaan tertentu.

Dengan perubahan warna serta modifikasi paket, tim tersebut konon sudah berhasil mengurangi bobot mobil F1-75 hingga 2-3 kg untuk balapan GP Spanyol.

Artikel Tag: Ferrari, F1 2022, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/demi-kurangi-berat-ferrari-bakal-ubah-warna-cat-mobil-f1-75
831  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini