Bersiap Jadi Tuan Rumah GP Australia 2022, Sirkuit Albert Park Direnovasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 23 Jan 2022, 06:45 WIB
GP Australia 2022, Sirkuit Albert Park

Sirkuit Albert Park

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sirkuit Albert Park mendapat beberapa perbaikan agar trek tersebut mampu menyuguhkan pertarungan yang lebih menarik pada gelaran GP Australia 2022 mendatang.

Usai sempat absen menjadi tuan rumah selama dua musim beruntun akibat pandemi Covid-19, Australia siap kembali melangsungkan balapan Formula 1 bertajuk GP Australia 2022 pada 8-10 April mendatang. Jeda panjang pun dimanfaatkan oleh promotor Australian Grand Prix Corporation (AGPC) untuk memperbaiki Sirkuit Albert Park, yang diharapkan bisa menyuguhkan lebih banyak aksi overtaking.

Renovasi dilakukan pada Tikungan 9 dan 10 yang diubah menjadi lintasan berkarakter cepat. Sementara itu tikungan lainnya dirombak untuk meningkatkan kecepatan puncak.

Dengan adanya layout baru tersebut, diharapkan terjadi duel wheel-to-wheel saat mobil-mobil kelas utama saling beradu di Sirkuit Albert Park. Selain itu, trek juga diaspal ulang untuk pertama kalinya sejak menjadi tuan rumah balapan Formula 1 pada 1996 lalu.

“Lima detik lap lebih cepat, tetapi (dengan) mobil spesifikasi baru, balapan lebih ketat,” kata CEO AGPC, Andrew Westacott, dilansir dari Motorsport.com.

“Anda benar-benar bisa membuntuti mobil di depan dan berharap bisa menyalip dan berada di posisi kompetitif,” imbuhnya.

“Lokasi utama adalah Tikungan 11 di ujung selatan danau dekat Ross Gregory Drive dan Ross Gregory Oval. Kami berharap itu menjadi peluang besar untuk menyalip,” ia melanjutkan.

“Pelebaran lima tikungan lainnya, terutama peningkatan kecepatan di Tikungan 6 di mana pebalap akan melaju dari sekitar 90 km/jam menjadi 150 km/jam, itu benar-benar dipersiapkan untuk kecepatan lebih dari 330 km/jam di sekitar Lakeside (Drive), menarik impak 4,5G,” tutur Westacott.

“(Kamis) memastikan balapan akan semenarik mungkin adalah alasan mengapa Formula 1 mengubah spesifikasi mobil untuk musim ini. Dan itulah alasan mengapa kami mengaspal ulang trek untuk pertama kalinya dalam 25 tahun,” tukasnya.

Artikel Tag: Sirkuit Albert Park, GP Australia 2022, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/bersiap-jadi-tuan-rumah-gp-australia-2022-sirkuit-albert-park-direnovasi
458  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini