Berita F1: Porsche Mulai Tertarik Untuk Kembali ke Balap Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 08 Sep 2017, 09:00 WIB
Berita F1: Porsche Mulai Tertarik Untuk Kembali ke Balap Formula 1

Adrian Newey, ketua tim Red Bull Racing di garasi tim Porsche

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita F1: Kepala Keuangan Porsche telah mengonfirmasi bahwa produsen mesin asal kota Stuttgart tersebut dengan serius mempertimbangkan untuk kembali ke Formula 1 sebagai pemasok mesin berdasarkan peraturan 2021 yang sedang dibahas saat ini.

Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Dewan Keuangan dan TI, bertemu dengan Ross Brawn dan bos lainnya di Grand Prix Italia.

Meskipun belum terlibat langsung dengan olahraga ini sejak terjadinya bencana dengan tim Footwork pada tahun 1991, Porsche telah mempertahankan keterlibatannya secara komersial dengan organisasi F1 melalui event Supercup dengan menjadi salah satu sponsor utama kejuaraan tersebut.

Kesempatan Porsche untuk menuju F1 telah terbuka karena Porsche menghentikan proyek LMP1 di akhir musim ini, mereka menyadari bahwa proyek tersebut tidak mendapatkan keuntungan yang cukup baik, sementara dana yang telah dikeluarkan sebenarnya merupakan anggaran yang sanggup untuk membiayai F1, tanpa pendapatan dan sponsor.

Perusahaan ini telah membuat komitmen untuk Formula E dengan sebuah tim yang  mereka dukung mulai dari musim 2019/20. Namun, pihaknya juga telah mengirimkan perwakilan ke beberapa rangkaian pertemuan baru-baru ini untuk membahas mengenai peraturan mesin F1 2021.

"F1 bisa menjadi salah satu tempat yang tepat," kata Meschke "Seperti yang Anda tahu Formula E sangat penting bagi kami sekarang, dan F1 selalu menjadi topik yang tepat untuk dipertimbangkan. Dan saya pikir kami cukup banyak berdiskusi mengenai mesin belakangan ini."

Ditanya apakah rencana V6 twin-turbo saat ini dengan teknologi yang minim apakah bisa membawa Porsche ke F1, dia berkata: "Tentu, kita harus mengurangi biaya di F1, dan ini cara yang bagus untuk mencapai target ini."

Meschke juga menegaskan bahwa "diskusi seputar menjadi pemasok mesin," dan karenanya tidak ada rencana untuk membentuk sebuah tim balap.

Di antara mitra yang mungkin ada adalah Williams, yang menikmati hubungan teknis dengan Porsche sebelum menjual divisi Hybrid Power, dan Red Bull, yang memiliki hubungan ekstensif dengan VW Group.

McLaren memiliki sejarah yang kuat dengan Porsche melalui kolaborasi turbo TAG tahun 1983-87, namun kini mereka menjadi pesaing di pasar mobil. 

Bos komersial F1, Sean Bratches mengatakan bahwa pemilik baru F1 tersebut akan senang memiliki Porsche di balapan Formula 1 pada tahun 2021.

"Pada akhirnya kami mencoba menciptakan platform dan lingkungan di mana lebih banyak produsen dan merek mesin dan tim masuk ke dalam olahraga ini dan menjadikannya proposisi bisnis yang menarik untuk dijalankan," kata Bratches, dilansir dari Motorsport.com.

"Sebagai individu yang menjalankan pemasaran dan promosi merek di F1, masuknya Porsche, yang merupakan merek balap yang jadi warisan dalam olahraga kami, akan sangat dihargai."

Artikel Tag: porsche, f1, GP Italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/berita-f1-porsche-mulai-tertarik-untuk-kembali-ke-balap-formula-1
1619  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini