Asian Games Pertama dengan Esports Jadi Perebutan Medali Resmi Ditunda

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Sabtu 07 Mei 2022, 07:00 WIB
Asian Games Pertama dengan Esports Jadi Perebutan Medali Resmi Ditunda

Asian Games Hangzhou 2022 via Kompas.com

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Asian Games Hangzhou 2022, Asian Games pertama dengan esports sebagai perebutan medali, telah ditunda hingga 2023. Sedianya, Asian Games Hangzhou 2022 dijadwalkan berlangsung pada September 2022, di Hangzhou, China.

Kepastian penundaan diumumkan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA), pada Jumat (6/5). Hingga tulisan ini dibuat, OCA masih belum mengkonfirmasi tanggal baru untuk gelaran tersebut.

"OCA hari ini memutuskan untuk menunda Asian Games ke-19, yang dijadwalkan akan diadakan di Hangzhou, China, dari 10 hingga 25 September 2022," demikian bunyi siaran pers OCA pada Jumat (6/5) dikutip dari Dexerto.

"HAGOC (Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou) telah dipersiapkan dengan sangat baik untuk menyelenggarakan Olimpiade tepat waktu meskipun ada tantangan global. Namun, keputusan di atas diambil oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan ukuran Olimpiade," lanjut pernyataan itu.

Di Asian Games Hangzhou 2022, ada delapan nomor game esports yang dipertandingkan untuk memperebutkan medali. Kedelapan game itu antara lain League of Legends, Dota 2, Hearthstone (PC), serta Arena of Valor, Dream Three Kingdoms 2, PUBG Mobile (mobile), bersama FIFA dan Street Fighter V.

Esports awalnya memulai debutnya sebagai acara demonstrasi pada Asian Games 2018, dengan enam game. China membawa pulang dua medali emas, sedangkan Indonesia, Korea Selatan, Hong Kong, dan Jepang, masing-masing mendapatkan satu.

Melansir dari Dexerto penundaan ini tidak terlalu mengejutkan bagi sebagian besar orang, mengingat bahkan dalam perwakilan China untuk turnamen MSI 2022, Royal Never Give Up, akan bertanding secara jarak jauh dari Shanghai alih-alih di Busan, Korea Selatan.

Bagaimanapun, pengenalan esports untuk Asian Games 2022 Hangzhou datang dengan banyak masalah logistik. Untuk League of Legends, liga domestik China dijadwalkan menjalani Summer Split sebelum Asian Games.

Adapun di Korea, terdapat kritik mengenai KeSPA yang terburu-buru dalam proses seleksi sebelum MSI 2022, dengan pelatih Kim 'kkOma' Jeong-gyun mengutarakan niatan untuk mengundurkan diri.

Artikel Tag: Asian Games 2022 Hangzhou, Asian Games 2018, KeSPA, OCA, Esports

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/asian-games-pertama-dengan-esports-jadi-perebutan-medali-resmi-ditunda
850  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini