Zalnando Beberkan Resep Agar Proses Pemulihan Berjalan Mulus

Penulis: M. Aldi
Sabtu 04 Mar 2023, 13:00 WIB
Bek kiri Persib, Zalnando

Zalnando

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Recovery pasca operasi terus ditempuh oleh Zalnando agar bisa kembali merumput. Dia menyebut proses pemulihannya berlangsung dengan lancar dan bahkan bisa lebih cepat dari perkiraan.

Kini sang pemain sudah mulai mengembalikan kebugarannya karena sebelumnya lebih fokus beristirahat. Selain itu kini dia sudah bisa melakukan penguatan di engkel kiri. Mengingat lantaran patahan tulang ada di dekat engkel, maka area tersebut mengalami pembengkakan.

"Alhamdulillah masih ngejaga kebugaran, terus sekarang lagi fase penguatan sama mobilisasi engkel, karena kan patahannya dekat engkel. Bekas bengkaknya lagi dienakin sekarang," kata sang pemain di Graha Persib.

Zalnando menderita cedera patah tulang fibula di akhir tahun lalu dan memaksanya naik meja bedah. Dokter tim memprediksi sang pemain harus menepi selama 12-16 pekan akibat cedera ini. Tapi proses pemulihannya kini sudah hampir sempurna dan lebih cepat dari perkiraan.

"Perkiraan dari dokter mah target 3-4 bulan, ini masuk tiga bulan. Sekarang lagi penguatan engkelnya. (Jalan) sudah bisa, jinjit juga sudah bisa," tutur pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini.

Mantan pemain Sriwijaya FC ini pun memaparkan rahasia proses pemulihan yang lebih cepat dari prediksi. Selain menjaga pola pikir untuk tidak frustasi dan merasakan trauma, dia juga rajin mengosumsi ikan gabus.

Ikan gabus memiliki kandungan yang bagus untuk membuat proses penyembuhan luka akibat operasi lebih cepat dan menguatkan tulang. Masukan itu diberikan Dedi Kusnandar dan Muhammad 'Deden' Natshir yang juga pernah menderita patah tulang fibula ketika membela Persib.

"Ya kalau dari mental mah lebih berpikir untuk gimana caranya sembuh, ga banyak pikiran. Ini sudah kejadian, jadi gimana fokus kepada penyembuhan saja. Cuma kalau makanan sih saya banyak konsumsi ikan gabus ya," ujar dia.

"Saya dikasih tahu sama A Dado sama A Deden, bilangnya konsumsi ikan gabus. Saya tiap hari konsumsi ikan gabus sama tetap bisa olahraga lah, apapun itu walaupun kaki engga napak. Saya olahraganya renang biar nafas, fisik kebugaran terjaga, sama nge-gym juga," tukasnya.

Artikel Tag: zalnando, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/zalnando-beberkan-resep-agar-proses-pemulihan-berjalan-mulus
708  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini