Yaya Tingkatkan Intensitas Latihan Persib di Pramusim Pekan Ketiga

Penulis: M. Aldi
Selasa 08 Jun 2021, 04:00 WIB
Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya

Yaya Sunarya (foto : Persib official)

Berita Liga 1 Indonesia : Tensi latihan masih akan coba terus ditingkatkan oleh Persib di masa pramusim. Menurut Yaya Sunarya, aspek fisik tetap menjadi perhatian untuk terus digenjot jelang Liga 1 2021/2022.

Pelatih fisik Maung Bandung ini mengatakan bahwa secara program latihan belum banyak berubah pada latihan pekan ketiga. Namun intensitasnya ditambah supaya para pemain juga bisa menunjukkan kemajuan.

"Memasuki pekan ketiga setelah melewati dua minggu ke belakang kondisi fisik coba kita tingkatkan dari minggu pertama ke kedua. Kita membuat latihan yang spesifik, terutama untuk latihan aerobik pemain," kata dia dalam wawancara virtual usai latihan,

Senin (7/6). Kondisi fisik pemain terus ditingkatkan dan itu semua diukur berdasarkan kebutuhan dalam game. Sebelumnya tim Persib sudah memainkan satu game internal dan satu laga uji coba dalam masa pramusim ini.

"Sejauh ini progresnya terlihat dan bukan karena pemain mengalami rasa pegal atau berat pada otot. Tapi karena dari hasil tes dan game terakhir kita bisa lihat jarak kemudian dari heart rate dan recovery pemain, cukup agak progres," kata Yaya.

Menilik dari perkembangan yang positif dari pemain pada pramusim ini, materi latihan masih belum diubah. Setiap pekan masih akan digelar lima agenda latihan serta satu uji coba. Sedangkan dua hari yaitu Jumat dan Minggu tim diliburkan.

"Selanjutnya tentu kita akan melanjutkan program yang sudah kita buat untuk persiapan menjelang kompetisi liga bergulir. Dengan program sistematis dan terus mengalami peningkatan, skema latihan dan program latihan setiap minggunya sama dari satu minggu itu ada dua recovery," ujar eks pelatih fisik timnas Indonesia ini.

Begitu pula dengan kegiatan tes fisik di tengah pekan, agenda itu akan terus dilakukan. Tujuannya agar jajaran pelatih bisa terus memantau bagaimana perkembangan dari pemain terutama soal kondisi fisik mereka.

"Ini jadi bahan perbandingan buat kita. Setiap intesitas dan volume latihan semakin meningkat tentunya di setiap pekan ada peningkatan yang jelas dari target yang kita inginkan di setiap minggunya," jelasnya.

"Beda ketika kita melakukan persiapan di Piala Menpora karena tidak bisa meningkatkan level seperti yang kita inginkan, karena resikonya sangat riskan untuk cedera. Tapi ini kita bisa meningkatkan sampai level yang kita inginkan," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, Yaya Sunarya

378  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini