Xavi Hernandez Persiapkan Taktik untuk Hadapi PSG

Penulis: Senja Hanan
Senin 01 Apr 2024, 22:34 WIB
Xavi Hernandez Persiapkan Taktik untuk Hadapi PSG

Xavi Hernandez Persiapkan Taktik untuk Hadapi PSG

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Lebih dari seminggu, Barcelona akan memainkan salah satu pertandingan terbesar mereka musim ini ketika mereka menghadapi PSG di leg pertama perempat final Liga Champions UEFA. Xavi Hernandez memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan taktik.

Leg pertama akan dimainkan tandang di Parc des Princes pada 10 April sebelum menjamu raksasa Paris di Estadi Olimpic Lluis Companys seminggu kemudian pada 16 April. Dengan tidak adanya pertandingan yang akan dimainkan antara sekarang dan pertandingan PSG minggu depan, manajer Barcelona Xavi Hernandez dan staf pelatihnya memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pertemuan blockbuster tersebut.

Menjelang pertandingan, Toni Juanmarti dari SPORT melaporkan bahwa Xavi dan stafnya sedang berupaya menerapkan perubahan taktis utama untuk pertandingan Barcelona melawan PSG. Berdasarkan laporan tersebut, idenya adalah menghindari terlalu banyak memainkan umpan-umpan pendek di dalam area pertahanan mereka sendiri dan berusaha melepaskan umpan-umpan panjang ke lini depan untuk melewati tekanan PSG.

Di Paris, apa yang dicari Barca adalah ‘berkelana’ di lini pertahanan lawan namun menghindari terlalu banyak mengekspos diri mereka di lini pertahanan mereka sendiri dengan terlalu banyak umpan-umpan pendek. Staf pelatih Barca menyoroti tekanan tinggi dan pasca-kekalahan PSG yang luar biasa, yang meningkatkan risiko kehilangan bola dalam penciptaan permainan.

Menghadapi skenario seperti itu, instruksi utama Xavi adalah segera mengubah arah permainan agar terhindar dari penumpukan pemain. Artinya, setelah beberapa kali melakukan operan dalam jarak beberapa meter, mencari area lain di lapangan dengan cepat, baik di sisi berlawanan atau mencari umpan panjang untuk pemain penyerang.

Dari sana, tunggu sampai pertahanan dan gelandang mendapatkan jarak untuk mengatur lini pertahanan lawan dan menyerang dengan lebih cepat. Ini akan menjadi perubahan dari cara Barcelona biasanya melakukan sesuatu, memulai pergerakan dari belakang, namun Xavi dan stafnya melihatnya sebagai cara terbaik untuk menghadapi tekanan tinggi dari PSG.

Barca mengharapkan PSG untuk memberikan tekanan tinggi di lapangan dan tujuannya adalah menggunakan opsi tersebut untuk keluar dari tekanan yang menyesakkan dan dari sana mampu mengendalikan situasi.

Artikel Tag: liga champions, Xavi Hernandez

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/xavi-hernandez-persiapkan-taktik-untuk-hadapi-psg
518  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini