William Saliba Dibandingkan dengan Benteng Liverpool, Virgil van Dijk

Penulis: Fery Andriyansyah
Rabu 06 Mar 2024, 15:00 WIB
Bek tengah Arsenal, William Saliba

Bek tengah Arsenal, William Saliba. (Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Legenda Arsenal, David O'Leary, membandingkan William Saliba dengan bintang Liverpool, Virgil van Dijk, setelah menyaksikan penampilan impresifnya di jantung pertahanan The Gunners.

William Saliba merupakan bagian dari lini belakang Arsenal yang telah mencatatkan 11 clean sheet musim ini, setelah menghancurkan Sheffield United 6-0 pada Selasa (5/3) kemarin. Tim asuhan Mikel Arteta saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di Premier League, dengan selisih gol +45.

The Gunners juga memiliki pertahanan terbaik, setelah kebobolan 23 gol, dengan hanya tiga gol di antaranya terjadi selama tujuh kemenangan beruntun di tahun 2024. Jumlah clean sheet mereka juga dua lebih baik dari Liverpool, yang memegang rekor terbaik berikutnya di Premier League. Arsenal tetap berada di urutan ketiga tetapi hanya berjarak dua poin dari pemuncak klasemen Liverpool menjelang serangkaian pertandingan penting saat tim asuhan Arteta ingin melangkah lebih jauh dari musim lalu.

Mantan pemain bertahan David O'Leary, yang memegang rekor penampilan terbanyak untuk klub, menyamakan William Saliba dengan Virgil van Dijk dari Liverpool, dan memuji pemain asal Prancis tersebut karena telah mengubah The Gunners menjadi penantang gelar.

"Saliba seperti Van Dijk ketika Van Dijk datang ke Liverpool. Bagi saya dia akan menjadi lebih baik — dia adalah Rolls Royce," kata O'Leary kepada talkSPORT. "Saya pikir dia dan Gabriel adalah duet yang secara konsisten sama baiknya dengan siapa pun di Premier League. Dan yang membuat mereka semakin berkembang tahun ini adalah adanya Declan Rice yang tampil luar biasa di depan mereka, yang sangat mengagumkan.

"Ketiganya benar-benar fenomenal. Mereka benar-benar menjadi tulang punggung. Untuk mendorong sekarang hingga akhir musim, sangat penting untuk tidak kehilangan ketiganya."

Performa suram menjelang akhir musim lalu membuat Arsenal kehilangan kesempatan untuk memenangkan trofi Premier League; itu adalah sifat yang sama yang membuat The Gunners kehilangan tempat di Liga Champions pada musim 2021-22. O'Leary percaya bahwa kedigdayaan mantan timnya dalam mencetak gol akhir-akhir ini bisa menjadi pertanda bahwa tim telah belajar dari kesalahan mereka di masa lalu.

"Apa yang belum dilakukan Arsenal selama beberapa tahun terakhir adalah dalam 10 pertandingan terakhir, di mana hal itu sangat penting, adalah melewati batas," tambah O'Leary. "[Gagal] lolos untuk bermain di Liga Champions dua tahun lalu dan mengakhiri musim dengan buruk musim lalu. Ini akan menjadi tantangan tahun ini bagi skuat. Semoga saja, mereka telah mendapatkan pengalaman itu untuk melewatinya.

"Selisih gol bisa sangat berarti — itulah sebabnya mengapa hal ini menjadi sangat penting dan manajer mengatakan kepada para pemain: 'Cetaklah gol sebanyak mungkin'."

Artikel Tag: David O'Leary, William Saliba, Virgil van Dijk, Arsenal, Liverpool

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/william-saliba-dibandingkan-dengan-benteng-liverpool-virgil-van-dijk
244  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini