Visit Saudi Jadi Sponsor Piala Dunia Wanita, FIFA Dapat Banyak Protes

Penulis: Depe Ptr
Rabu 01 Feb 2023, 09:56 WIB
Visit Saudi Jadi Sponsor Piala Dunia Wanita, FIFA Dapat Banyak Protes

President FIFA / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Mantan pemain dan aktivis hak asasi manusia Craig Foster mengkritik FIFA karena menerima Visit Saudi sebagai sponsor Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru.

Menurut The Sydney Morning Herald, kesepakatan sponsorship antara FIFA dan Visit Saudi akan diumumkan sebagai bagian dari strategi komersial baru.

Visit Saudi – badan turis Arab Saudi, akan bergabung dengan Visa dan Commonwealth Bank sebagai sponsor Piala Dunia Wanita 2023.

Komentator SBS, Craig Foster menyuarakan kritiknya terhadap langkah tersebut.

“Penerimaan sponsor Saudi tanpa pengakuan atas pelanggaran hak asasi manusia yang menyertainya adalah tipikal FIFA dan olahraga global saat ini dan sangat memalukan,” katanya kepada Herald and The Age.

“Komisi Hak Asasi Manusia Australia merumuskan sebuah laporan sebagaimana dimandatkan berdasarkan kebijakan hak asasi manusia FIFA yang mengidentifikasi risiko yang menonjol, termasuk bagi jurnalis, misalnya. Ini tidak menghalangi sponsor Saudi meskipun ada pembunuhan yang disponsori negara dan pemotongan anggota jurnalis pembangkang, Jamal Khashoggi.

“Sangat menyakitkan bahwa sebuah negara yang terdaftar dalam indeks kesetaraan gender global di 127 dari 153 negara, memiliki sistem hukum yang memperkuat diskriminasi gender terhadap perempuan dan menjatuhkan hukuman penjara 34 tahun kepada Salma Al-Shehab hanya karena tweet dan retweet tentang hak asasi manusia dan masalah politik di Arab Saudi yang sekarang mensponsori turnamen olahraga wanita di negara yang bangga dengan kesetaraan di semua olahraga.”

The Herald mengatakan FIFA menolak berkomentar.

Artikel Tag: Visit Saudi, FIFA, Piala Dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/visit-saudi-jadi-sponsor-piala-dunia-wanita-fifa-dapat-banyak-protes
546  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini