Usulan Peniadaan Degradasi Untuk Musim Ini Akan Dibahas Pada Kongres PSSI

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 08 Mei 2021, 05:30 WIB
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi/foto dok pssi

Berita Liga 1 Indonesia: Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengakui bahwa pihaknya telah menerima usulan untuk meniadakan degradasi pada kompetisi sepak bola tanah air musim ini. Usulan tersebut datang dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

Pihak federasi sudah membahas usulan tersebut pada rapat Ecxo, 3 Mei lalu dan diambil keputusan bahwa persoalan itu akan dibawa ke Kongres tahunan yang rencananya akan dilaksanakan pada 29 Mei nanti.

"Bahwa Exco mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub liga 1 dan liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara tetap ada," jelas Yunus Nusi seperti dilansir laman resmi federasi.

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa klub mengusulkan hal itu. Pertama, kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan. Kedua, bagaimana jika sebuah klub ada yang terpapar pemain dan ofisial dalam jumlah banyak.

"Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain dan tentunya menjadikan persaingan tidak sehat," kata dia.

Alasan ketiga, semua klub sedang kesulitan di tengah pandemi ini. Apalagi sponsor juga akan sulit masuk. Demikian juga dengan faktor ekonomi masyarakat yang masih sulit.

Selanjutnya, kompetisi musim ini amat mungkin akan terbatas penontonnya sehingga akan membuat klub kesulitan untuk mencari pemasukan.

"Dari semua alasan itu, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi," imbuh Yunus.

Tidak hanya dibawa ke Kongres, usulan itu juga akan dikonsultasikan dengan AFC dan FIFA apakah menyalahi aturan atau tidak.

Artikel Tag: PSSI, Liga 1, Liga 2, yunus

665  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini