Upaya Pelatih Fisik Persib Jaga Kondisi Pemain Ketika Puasa

Penulis: M. Aldi
Selasa 28 Mar 2023, 01:00 WIB
Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Kondisi fisik para pemain Persib harus tetap terjaga saat berkompetisi di bulan Ramadhan. Tim pelatih pun disebut Yaya Sunarya berusaha memberikan kenyamanan bagi pemain dalam berlatih meskipun mayoritas menjalankan ibadah puasa.

Program setiap pelatih tentu berbeda seperti saat ini di tim Persib yang diasuh Luis Milla di bulan Ramahan. Tapi semuanya tentu memiliki perhatian yang sama yaitu supaya pemain tetap merasa nyaman. Komunikasi pun harus dijalin antara tim pelatih dan pemain.

"Di bulan Ramadan ini setiap pelatih berbeda tetapi kita selalu berkomunikasi sama pemain, dari kenyamanan mereka saat melakukan aktivitas latihan, seperti itu," ujar pria yang menjabat sebagai pelatih fisik tersebut.

Kini dengan kondisi tim masih bertanding di liga, tentu kondisi fisik harus bisa terjaga. Artinya latihan harus digenjot namun pemain juga wajib menjalankan puasa bagi yang beragama Islam. Maka dari itu, yang paling penting menurut Yaya Sunarya, pemain jangan menderita dehidrasi.

"Kita tentunya dari tim pelatih fisik serta dokter sudah mencoba mengantisipasi dan bicara dengan coach termasuk pemain dan mereka menyadari bahwa latihan paling efektif itu tentunya saat pemain tidak kekurangan cairan," kata dia.

Ada beberapa opsi yang bisa diambil yaitu berlatih pada malam hari setelah berbuka atau sore mendekati Maghrib. Idealnya memang di malam hari karena asupan cairan bagi pemain langsung terpenuhi. Namun jika kondisinya adalah latihan sore yang dipilih, Yaya Sunarya mengatakan waktu yang tepat adalah jelang berbuka puasa.

"Jadi kita menyarankan latihan malam, tapi kembali lagi kita fleksibel, melihat, mencoba mencari cara yang tepat tetapi bisa memberikan manfaat untuk tim, sehingga kita bisa memanage porsi latihan malam atau sore. Tentu saja ketika latihan sore, kita akan berusaha mendekati waktu dimana saat selesai latihan bisa langsung berbuka," ujar Yaya.

"Saya pikir pemain tak akan kesulitan karena para pemain lokal muslim juga udah sharing, mereka siap kalau memang latihan misalnya sore atau malam. Tetapi kita antisipasi atau memainkan timing yang tepat untuk emmberikan program latihan sore atau malam," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, Yaya Sunarya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/upaya-pelatih-fisik-persib-jaga-kondisi-pemain-ketika-puasa
638  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini