Tottenham vs Arsenal, 7 Momen Ikonik Yang Terjadi di Derby London Utara

Penulis: Vina Enza
Minggu 26 Sep 2021, 19:08 WIB
Tottenham vs Arsenal

Tujuh momen ikonik derby Arsenal vs Tottenham (foto:thestandard)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Arsenal akan menjamu Tottenham di pertandingan derby London utara yang akan berlangsung di Emirates Stadium pada Minggu (26/09) malam WIB dan setiap kali kedua tim berhadapan tidak jarang terjadi momen ikonik yang akan selalu dikenang.

Setelah tiga edisi derby London utara dimainkan tanpa penonton atau hanya beberapa orang yang menyaksikan, Tottenham dan Arsenal akan disemangati oleh sekitar 60.000 fans yang memenuhi Emirates Stadium akhir pekan ini yang nampaknya akan berpengaruh besar pada moral pemenang derby edisi pertama di Premier League musim 2021/22.

Berikut tujuh momen ikonik yang terjadi di derby London utara dalam beberapa tahun terakhir yang dilansir The Mirror.

1998: KembalinyaGeorge Graham

Dua gelar juara liga, dua Piala Liga, satu Piala FA dan Piala Winner tidak berarti apa-apa bagi penggemar The Gunners di November 1998 saat mereka menyambut kembalinya eks manajer George Graham kembali ke klub sebagai manajer tim tamu di derby.

Graham dipecat sebagai manajer Arsenal karena skandal yang seharusnya akan terluka dengan penerimaan para pendukung tuan rumah namun sebagai manajer keras kepala dan ia senang dengan hasil imbang tanpa gol di laga tersebut yang rasanya seperti kemenangan baginya.

1999: InsidenFreddie Ljungberg dengan wasit David Elleray

Arsenal menelan kekalahan 2-1 di derby yang berlangsung di White Hart Lane satu tahun sebelumnya dengan Freddie Ljungberg dan Martin Keown yang diganjar kartu merah setelah sembilan peringatan. Llujengberg keluar dengan cara dramatis setelah ia menjatuhkan defender Spurs, Justin Edinburg selanjutnya ia menunjukkan tanda kemenangan dengan dua jarinya kepada David Elleray.

2001: Sol Campbelldan insiden Judas

Selang tiga tahun setelah penerimaan fans The Gunners pada Graham 1998 ada insiden sebaliknya yakni para penggemar The Lilywhites yang menolak kehadiran Sol Campbell di 2001. Sang bek tengah yang dilepas dengan bebas transfer di musim panas itu kembali untuk kali pertama ke White Hart Lane hanya berselang beberapa bulan setelahnya dan para pendukung tuan rumah menunjukkan rasa ketidaksenangan mereka.

“Seperti semua orang ingin membunuh saya dengan ekspresi mereka, ujar Campbell via FourFourTwo di 2014.

“Ada pria, wanita, anak-anak, orang kulit hitam, kulit putih, keturunan India, rasanya seperti wow.”

2006: PerselisihanArsene Wenger dan Martin JolYang Memanas

The Lilywhites tidak menghentikan permainan di pertandingan yang berlangsung di Highbury meski Emmanuel Eboue dan Gilberto Silva mengalami cedera dan saat Robbie Keane akhirnya mencetak gol menjadi sebuah sinyal bagi Arsene Wenger untuk meluapkan kemarahannya. Ia menghampiri bos The Lilywhites, Martin Jol dan segala sesuatunya menjadi semakin memanas dan Wenger bahkan sempat adu kepala dengan Jol.

2008: Emmanuel Adebayor Lukai HidungNicklas Bendtner

Duet Emmanuel Adebayor dan Nicklas Bendtner nampaknya selalu berbahaya di antara keduanya ketimbang lini pertahanan lawan dan terbukti saat The Lilywhites mengalahkan The Gunners dengan skor 5-1 di Piala Liga 2008.

Saat kedudukan 4-1, keduanya terlibat pertikaian saat berusaha mengantisipasi sepak pojok dan Bendtner yang mencetak gol bunuh diri berakhir dengan hidung yang berdarah. Keduanya harus dipisahkan oleh William Gallas.

2008: ComebackTottenham Berakhir Dengan Kekacauan

Saat tertinggal 4-2 di menit ke-89, The Lilywhites membutuhkan keajaiban dan akhirnya mereka mendapatkannya, gol dari Jermaine Jenas dan Aaron Lennon mengamankan satu poin dari laga di Emirates yang membuat penggemar Spurs menyerbu lapangan untuk merayakan bahkan beberapa pengawas pertandingan juga bergabung dengan mereka.

2012: Kartu Merah Adebayor

Hal yang paling kontroversial dari derby London utara mungkin saat The Lilywhites mengenakan jersey tandang berwarna hitam dan abu-abu yang dianggap aneh, tapi Adebayor yang saat itu membela Spurs dan telah mencetak gol terlibat insiden dengan Santi Cazorla delapan menit kemudian dan diganjar kartu merah hingga akhirnya timnya kalah 5-2.

Artikel Tag: Tottenham, Arsenal, Derby London

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tottenham-vs-arsenal-7-momen-ikonik-yang-terjadi-di-derby-london-utara
463  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini