Tom Saintfiet Resmi Ditunjuk Sebagai Pelatih Kepala Timnas Filipina

Penulis: Depe Ptr
Selasa 27 Feb 2024, 10:44 WIB
Tom Saintfiet Resmi Ditunjuk Sebagai Pelatih Kepala Timnas Filipina

Tom Saintfiet via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Pelatih asal Belgia, Tom Saintfiet resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Filipina pada Senin (26/02), yang merupakan penunjukannya yang ke-11 dalam kariernya di Eropa, Afrika, Asia, dan Karibia.

Saintfiet (50 tahun) mengundurkan diri pada Januari setelah lima setengah tahun yang sukses bersama Gambia, memimpin negara kecil di Afrika barat itu ke putaran final Piala Afrika berturut-turut, termasuk mencapai tempat perempat final di turnamen edisi 2021.

Sejak mengambil alih Namibia pada tahun 2008, ia juga pernah melatih Zimbabwe, Ethiopia, Yaman, Malawi, Togo, Bangladesh, Trinidad and Tobago, dan Malta. Dia mengambil peran tersebut bersama Gambia pada tahun 2018, yang sebelumnya mereka belum pernah memenangkan pertandingan kompetitif selama lima tahun.

"Cukup banyak," kata Tom Saintfiet kepada Reuters tentang berbagai perannya di tim nasional. "Bersama Gambia, saya baru saja mencapai pertandingan resmi saya yang ke-100 di tim nasional FIFA, jadi saya menantikan tantangan berikutnya."

Ia jauh dari rekor pekerjaan terbanyak di tim nasional, yang dipegang oleh Rudi Gutendorf dari Jerman, yang memimpin 18 negara di berbagai kesempatan, tidak termasuk tim Olimpiade Iran (1988) dan Tiongkok (1992).

Gutendorf meninggal dunia pada usia 93 tahun pada tahun 2019 setelah melatih 55 tim di 32 negara, termasuk berbagai peran di klub, karier yang membuatnya mendapatkan tempat di Guinness World Records.

Bagi Timnas Filipina, kedatangan Saintfiet diharapkan bisa membawa pengaruh besar bagi sepak bola mereka yang sedang menurun akhir-akhir ini.

Artikel Tag: Tom Saintfiet, Filipina, Timnas Filipina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tom-saintfiet-resmi-ditunjuk-sebagai-pelatih-kepala-timnas-filipina
375  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini