Tak Terima Ligue 1 Dihentikan, Lyon Pilih Jalur Hukum

Penulis: Demos Why
Jumat 01 Mei 2020, 03:26 WIB
Tak Terima Ligue 1 Dihentikan, Lyon Pilih Jalur Hukum

Logo Olympique Lyon (Foto: Getty Images)

Berita Liga Prancis: Klub asal Prancis, Olympique Lyon, menjadi salah satu klub peserta Ligue 1 2019/20 yang tak bisa menerima kompetisi musim ini dibatalkan. Untuk itu mereka akan menempuh jalur hukum dan menuntut ganti rugi.

Pada Selasa (28/4) yang lalu, Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe, mengonfirmasi bahwa pihak pemerintah akan melarang seluruh event olahraga besar termasuk menggelar pertandingan sepakbola paling tidak hingga September mendatang. Hal itu terpaksa dilakukan oleh pihak pemerintah yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di daratan Prancis.

Akibat dari keputusan tersebut, membuat Ligue de Football Professionel (LFP) selaku operator Ligue 1 memutuskan untuk menghentikan kompetisi musim 2019/20 karena dianggap sudah tak memiliki celah lagi bisa dilanjutkan. Pada Kamis (30/4), LFP lantas memutuskan Paris Saint-Germain sebagai juara di musim ini.

Untuk perwakilan di Liga Champions sendiri dipastikan telah diamankan oleh PSG, Marseille, dan Rennes. Sementara dua tim terbawah yakni Toulouse dan Amiens dipastikan terdegradasi sementara Lorient dan Lens menjadi dua tim promosi di musim depan.

Di sisi lain Lyon yang menempati posisi ketujuh saat kompetisi ditangguhkan pada Maret lalu dipastikan tidak akan tampil di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak 1996/97. Padahal Lyon masih berharap bisa lolos ke Liga Europa melalui jalur Coupe de la Ligue karena mereka sudah dipastikan tampil di laga puncak menghadapi PSG.

Akibat dari keputusan LFP tersebut, pihak Lyon mengklaim mereka berpotensi mengalami kerugian hingga sepuluh juta euro serta peluang untuk tampil di kompetisi Eropa. Untuk itu Lyon berencana untuk melakukan banding atas keputusan tersebut dan menuntut ganti rugi.

"Menanggapi keputusan LFP terkait penghentian Ligue 1, Lyon dengan ini menyatakan memiliki hak untuk mengajukan banding terhadap keputusan tersebut dan menuntut ganti rugi, khususnya karena kami telah kehilangan peluang untuk tampil di kompetisi olahraga profesional lainnya yang saat ini tengah berjalan. Karena keputusan itu pula, klub kami harus menghadapi kerugian sekitar 10 juta euro," tulis pernyataan resmi Lyon.

"Secara khusus, Lyon ingin mengucapkan selamat kepada dua pemenang gelar juara, PSG di Ligue 1 dan Lorient di Ligue 2, yang status mereka telah dipastikan pada hari ini dan berharap tim Lyon wanita akan memiliki keputusan serupa."

Artikel Tag: Olympique Lyon, Ligue 1 2019/20, Ligue de Football Professionel, Ligue 1

414  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini