Stadion Siliwangi Masuk Opsi Markas Persib Saat Menjamu PSS

Penulis: M. Aldi
Kamis 02 Feb 2023, 12:00 WIB
Pemain Persib ketika berlatih di Stadion Siliwangi

Pemain Persib ketika berlatih di Stadion Siliwangi

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Persib Bandung akan menjamu PSS Sleman di laga pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Dua stadion pun diajukan oleh manajemen klub untuk menjadi venue laga ini dan diharapkan izin penggunaan bisa diterbitkan.

Opsi pertama adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Lalu alternatifnya adalah Stadion Siliwangi yang sudah cukup lama tidak dipakai menyelenggarakan pertandingan level Liga 1. Teddy Tjahjono selaku Direktur klub kini sedang menempuh permohonan izin untuk memakai stadion ini.

"Kita mengajukan usulan untuk bermain di GBLA atau Siliwangi. Jadi untuk permohonan itu sedang diproses dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada keputusannya. Jadi mudah-mudahan di hari Minggu nanti kita main di Bandung," ujar Teddy Tjahjono ketika diwawancara oleh awak media, Rabu (1/2).

Saat ini tim Maung Bandung memang sedang menjadi tim musafir. Itu karena GBLA dan Si Jalak Harupat menjadi stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 saat ini sedang direnovaso. Alhasil Maung Bandung kerap kerepotan mencari stadion ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Terakhir, klub sempat dibuat harap-harap cemas terkait izin pertandingan ketika mengunsi ke Stadion Pakansari, Bogor. Teddy Tjahjono berharap untuk sementara, Persib diberi dispensasi untuk menggunakan GBLA ketika menjamu PSS.

"Memang kan GBLA adalah rumah kita dan kita melihat dari pekerjaan yang dilakukan dalam persiapan Piala Dunia. Kalau memang semisalnya bisa dipakai meski dalam tahap renovasi kita berusaha mendapatkan dispensasi memakai GBLA," terang dia.

"Karena memang pengalamannya kemarin kita tidak mendapat izin di Wibawa Mukti dan Pakansari. Jadi kita berjuang supaya Persib bisa main di Bandung supaya kita semua bisa mendukung tim kebanggaan kita," lanjut Teddy.

Opsi lain yang disiapkan tim adalah Stadion Siliwangi. Stadion ini dulunya adalah markas Maung Bandung hingga musim 2013 dan punya sejarah panjang. Verifikasi kini tengah dilakukan untuk mencari tahu layak dipakai atau tidak.

Namun andai dianggap layak, menurutnya laga akan digelar tanpa penonton jika melihat dari sarana infrastrukturnya. "Siliwangi kita belum tahu, kita masih menunggu proses assessment dan lain-lain. Tapi melihat dari infrastuktur stadion, kalau di Siliwangi kemungkinan tanpa penonton," ujarnya.

Permukaan lapangan Siliwangi juga kini sudah diganti menjadi rumput sintetis. Tapi dikatakan Teddy Tjahjono, ada aturan bahwa sebenarnya tidak masalah jika laga di Liga 1 dimainkan di rumput sintetis.

Di beberapa laga internasional juga banyak stadion yang menggunakan rumput sintetis. "Ada dan itu diperbolehkan. Kan seperti waktu AFF di Singapura dan Filipina itu main di sintetis," pungkas dia.

Artikel Tag: Persib, Teddy Tjahjono, Stadion Siliwangi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/stadion-siliwangi-masuk-opsi-markas-persib-saat-menjamu-pss
1385  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini