Southgate Tak Khawatir Laga Belanda vs Inggris Dipimpin Wasit Kontroversial

Penulis: Fery Andriyansyah
Rabu 10 Jul 2024, 15:15 WIB
Manajer Inggris, Gareth Southgate

Manajer Inggris, Gareth Southgate. (Foto: Eddie Keogh - The FA/The FA via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Gareth Southgate mengatakan bahwa dia 'tidak khawatir' tentang UEFA yang memilih Felix Zwayer sebagai wasit untuk semifinal Euro 2024 antara Inggris melawan Belanda, terlepas dari kontroversi pengaturan skor yang terjadi di masa lalu.

Menjelang pertandingan penting pada Kamis (11/7) dini hari WIB, banyak yang melaporkan bahwa Felix Zwayer diberikan larangan enam bulan setelah ditemukan menerima suap sebesar 250 poundsterling dari sesama wasit Robert Hoyzer pada tahun 2005. Media Jerman, Zeit, mengungkap cerita tersebut bertahun-tahun kemudian dan menemukan bahwa Zwayer gagal melaporkan insiden tersebut pada saat itu. Namun, wasit asal Jerman tersebut kemudian berkontribusi dalam penyelidikan dan terbukti tidak melakukan kesalahan yang disengaja selama pertandingan tersebut.

Mengingat pentingnya pertandingan Belanda melawan Inggris, ada beberapa seruan agar Zwayer dibebaskan dari tugasnya dan UEFA diketahui telah melakukan tinjauan untuk memutuskan apakah wasit berusia 43 tahun itu harus memimpin pertandingan di Dortmund. Ada tambahan konteks bahwa Jude Bellingham didenda 40.000 euro karena menyebut sejarah memprihatinkan Zwayer setelah tim Borussia Dortmund yang dibelanya kalah dari Bayern Munich di Bundesliga pada Desember 2021. Namun, UEFA memilih untuk tetap menunjuk Zwayer.

Ditanya apakah dia memiliki kekhawatiran atau apakah dia telah berbicara dengan Bellingham tentang Zwayer, Gareth Southgate mengatakan kepada wartawan: "Tidak. Saya pikir semua orang tahu bagaimana saya berurusan dengan wasit: dengan rasa hormat penuh untuk setiap wasit.

"Saya mengenal dua orang di UEFA, Roberto [Rosetti] dan Bjorn [Kuipers], yang menjalankan program wasit, dan saya pikir mereka menghargai rasa hormat yang telah kami tunjukkan sebagai tim kepada ofisial selama delapan tahun. Saya pikir ada cara yang benar untuk bersikap terhadap ofisial. Saya pikir itu sangat penting untuk citra pertandingan."

Southgate menambahkan: "Jadi, tidak, saya tidak khawatir tentang siapa wasitnya. Dia akan berada pada standar yang sangat tinggi karena itulah cara UEFA membuat keputusan dan cara mereka memantau pertandingan yang dimainkan selama turnamen. Bagi saya, hal tersebut bukanlah sebuah pertimbangan."

Artikel Tag: Gareth Southgate, Felix Zwayer, Timnas Inggris, Timnas Belanda, EURO 2024, Piala Eropa 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/southgate-tak-khawatir-laga-belanda-vs-inggris-dipimpin-wasit-kontroversial
430  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini