Soal Pemain Asing Asia, Persib Sudah Punya Spesifikasi Yang Dicari

Penulis: M. Aldi
Rabu 09 Jun 2021, 19:45 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Pemain asing yang kini sedang dirayu Persib merupakan pendatang baru di liga Indonesia. Robert Rene Alberts menjelaskan mengapa dia tidak memilih opsi merekrut pemain 'muka lama' di sepakbola tanah air.

Menurut Robert, dia membutuhkan pemain dengan tipe dan peran yang spesifik. Gambarannya tentu seperti karakter Omid Nazari, eks gelandang asing Asia milik Persib. Dia memilih untuk hengkang meski sebenarnya dipertahankan.

"Ya itu sangat sederhana, pemain yang kami butuhkan itu punya peran spesifik. Ada banyak pemain bagus di sana dan banyak pemain yang menjalin komunikasi tapi mereka tidak masuk dengan peran yang dibutuhkan," kata dia pada awak media ketika diwawancara.

Pos gelandang bertahan merupakan titik yang dievaluasi oleh Robert karena ditinggal Nazari. Sempat dia mencoba memakai servis Farshad Noor di Piala Menpora. Tapi cara bermain dan peran yang dimainkan berbeda dengan apa yang dibutuhkan tim.

"Saya diberitahu siapa yang sanggup mengisi peran itu, Farshad, tapi melihat di turnamen, bukan pemain seperti yang kami cari. Dia pemain yang bagus tetapi bukan yang Persib butuhkan dalam posisi yang spesifik tersebut," ujarnya.

Pelatih asal Belanda ini juga menyoroti mekanisme klub-klub dalam merekrut pemain. Di Eropa dan Indonesia ada perbedaan yang mencolok. Karena di Eropa, klub memakai sistem transfer dalam mendatangkan pemain baru dan itu tentu sesuai kebutuhan tim.

Sedangkan di Indonesia, sebagian besar klub hanya akan mendatangkan pemain yang bebas transfer. Sedangkan jasa pemain yang berkualitas yang berstatus tanpa klub tentu sulit didapat. Apalagi ada kriteria spesifik yang dicari dan latar belakang sang pemain turut mempengaruhi.

"Dan itu adalah masalah sejak lama, kami tidak berada di situasi seperti di Eropa. Bahwa ketika membutuhkan pemain dengan peran tertentu, sistem scouting mengidentifikasi sosok yang dibutuhkan dan pada prinsipnya membeli pemain itu," jelas pria yang gabung Persib di musim 2019 ini.

"Tapi di beberapa bagian di dunia, seperti di sini, kami tidak bisa keluar mencari pemain dan membelinya, tetapi mencari pemain yang free transfer. Sedangkan kami harus mencari pemain yang secara spesifik dibutuhkan di posisi itu dan sesuai dengan filosofi maupun budaya di sini," ujar Robert memungkasi.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

335  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini