Separuh Pemain Persib Sudah Jalani Tes Medis Jelang Kompetisi

Penulis: M. Aldi
Minggu 04 Jun 2023, 13:00 WIB
Winger Persib, Febri Hariyadi ketika melakukan tes medis

Winger Persib, Febri Hariyadi ketika melakukan tes medis (foto: Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Agenda rutin sebelum kegiatan pramusim dilakukan oleh pemain Persib. Medical check-up yang merupakan kewajiban bagi tim ditempuh, meski baru sebagian awak Maung Bandung yang menjalani pemeriksaan.

Skuat besutan Luis Milla memang berencana memulai sesi latihan pada Senin (5/6). Oleh karena itu penting bagi staf medis klub untuk mengetahui kondisi kesehatan dari pemain sebelum mengawali perjuangan selama satu musim.

"Syukur alhamdulillah, setelah kita ada jeda kompetisi akan segera dimulai, hari ini kita bisa berkumpul semua antara pelatih, pemain dan ofisial karena untuk memulai kompetisi dan latihan, diawali dengan medical check-up," kata dokter tim, Rafi Ghani ketika diwawancara.

Tes medis jelang Liga 1 2023/2024 ini digelar di salah satu rumah sakit di Kota Bandung. Agendanya juga dibuat menjadi dua hari dan sebagian pemain baru akan menjalani tes medis pada Minggu (4/6) pagi.

Pada kesempatan pertama, sudah nampak Ciro Alves, Nick Kuipers serta Daisuke Sato ikut menjalani pemeriksaan. Pemain baru seperti Ryan Kurnia dan Edo Febriansyah pun telah menunjukkan batang hidungnya.

"Jadi memang kita jadwalkan untuk dua hari pemeriksaan. Jadi hari ini kurang lebih ada 20 (pemain) dan sisanya akan dilakukan besok hari. Untuk totalnya kurang lebih antara 30-35 orang, jadi nantinya kita koordinasi terus dengan manajemen, yang saya dapat itu baru 30-35 orang," ujarnya.

Rafi Ghani mengatakan bahwa tes medis menjadi kegiatan rutin yang wajib dilakukan setiap awal musim. Lantaran rekam medis pemain menjadi pegangan dia dan staf untuk mengetahui kondisi ksehatan pemain. Hasil tes medis ini juga nantinya akan diserahkan kepada operator kompetisi.

"Memang medical check up kita lakukan setiap tahun pada saat kita memulai kompetisi baru. Ini dikarenakan memang untuk data medis buat kita tim medis Persib Bandung dan memang ada satu keharusan dari PT Liga (Indonesia Baru) untuk memberikan hasil pemeriksaan kesehatan para pemain yaitu Pre Competion Medical Assessment jadi nantinya ada penilaian untuk sebelum mengarungi kompetisi," ujarnya.

Mengenai hasil tes medis para pemain Persib Bandung ini, Rafi menyebut ada beberapa yang butuh waktu untuk bisa diketahui. Pemeriksaan sendiri meliputi banyak item dan panelnya seperti pemeriksan darah, urine, x-ray, toraks, EKG dan musculoskeletal.

"Secara umum di hari ini Sabtu tanggal 3 alhamdulillah semuanya dalam keadaan dalam batas batas normal. Mudah-mudahan kita akan melakukan medical check up ini dalam dua hari, tanggal 3 dan 4 Juni, mudah-mudahan semuanya akan baik seperti hari ini," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, Rafi Ghani

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/separuh-pemain-persib-sudah-jalani-tes-medis-jelang-kompetisi
626  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini