Scudetto Tahun ini Adalah yang Terburuk untuk Juventus dalam Sembilan Musim Terakhir

Penulis: Rei Darius
Minggu 02 Agu 2020, 20:30 WIB
Scudetto Tahun ini Adalah yang Terburuk untuk Juventus dalam Sembilan Musim Terakhir

Juventus raih Scudetto terburuk dalam sembilan musim terakhir (Image: Getty)

Berita Liga Italia: Juventus asuhan Maurizio Sarri pada musim kompetisi 2019/2020 ini mencatatkan rekor terburuk selama sembilan musim terakhir meraih gelar Scudetto.

I Bianconeri telah resmi dinobatkan sebagai juara Serie A untuk kesembilan kalinya secara beruntun, setelah mengalahkan Sampdoria dengan skor 2-0 di Allianz Stadium pada 26 Juli lalu.

Namun pada dua pertandingan berikutnya, skuat asuhan Sarri takluk dengan skor 0-2 dari Cagliari dan kemudian 1-3 dari AS Roma pada Minggu (2/8) dini hari WIB, yang membuat mereka menyelesaikan musim dengan keunggulan satu poin saja dari Inter Milan di peringkat kedua.

Bahkan, Juventus hanya mampu mencatatkan dua kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir di Serie A musim kompetisi 2019/2020 ini, yang diraih atas Lazio dan Sampdoria.

Torehan 83 poin di akhir musim ini merupakan yang terendah dalam keberhasilan mereka meraih gelar Scudetto dalam sembilan musim terakhir, dan juga kebobolan paling banyak (43 gol) dalam periode tersebut.

Tidak hanya sampai di situ saja, Juventus juga mencatatkan selisih gol terburuk (+33), bersamaan dengan jumlah kekalahan terbanyak (7) dan keunggulan paling tipis di akhir musim dengan tim peringkat kedua dalam periode sembilan musim terakhir.

Ditambahkan oleh Opta, Juventus telah membuang 21 poin dari posisi unggul dalam laga-laga Serie A musim ini, jumlah terbanyak yang pernah dicatatkan oleh juara, melampaui catatan AS Roma pada musim kompetisi 1982/1983 yang membuang total 20 poin.

Menanggapi hal ini, pelatih Maurizio Sarri mengakui bahwa skuat Juventus telah mengalami penurunan mental semenjak kemenangan atas Lazio dengan skor 2-1, ketika mereka hanya terpaut empat poin lagi dari gelar juara.

"Sedikit kecemasan bisa memberikan hal yang positif. Setelah kemenangan atas Lazio, kami merasa bahwa gelar juara sudah dimenangkan dan kemudian kami mengalami penurunan mental," kata Sarri kepada para reporter, dikutip dari Goal.

Ini merupakan modal yang buruk bagi Juventus untuk meladeni klub Ligue 1, Lyon, pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada akhir pekan depan.

Artikel Tag: Juventus, Scudetto, Serie A

297  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini