Sah! Paris Saint-Germain Dinobatkan Jadi Juara Ligue 1 2019/20

Penulis: Demos Why
Jumat 01 Mei 2020, 02:20 WIB
Sah! Paris Saint-Germain Dinobatkan Jadi Juara Ligue 1 2019/20

Pemain Paris Saint-Germain (Foto: Xavier Laine/Getty Images)

Berita Liga Prancis: Paris Saint-Germain akhirnya diputuskan menjadi juara Ligue 1 Prancis musim 2019/20 setelah sebelumnya kompetisi resmi dihentikan akibat pandemi virus corona. Ligue de Football Professionnel [LFP] juga telah memutuskan tim mana saja yang akan tampil di kompetisi Eropa.

LFP akhirnya memberikan gelar juara Ligue 1 2019/20 kepada Paris Saint-Germain. Keputusan itu diambil melalui prosedur pemungutan suara di mana klasemen akhir ditentukan berdasarkan rata-rata poin per laga [jumlah poin dibagi jumlah laga].

Adapun keputusan LFP tersebut hanya berselang dua hari saja setelah Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe, memastikan pemerintah akan melarang seluruh kegiatan olahraga berskala besar hingga September mendatang. Hal itu membuat Ligue 1 tak memiliki celah lagi untuk dilanjutkan setelah sebelumnya ditangguhkan sejak bulan Maret yang lalu.

Presiden LFP Nathalie, Boy De La Tour, memastikan bahwa pihaknya sudah mempertimbangkan berbagai opsi, namun pilihan melanjutkan kompetisi menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. De La Tour mengklaim menghentikan kompetisi merupakan keputusan yang paling adil.

"Kami telah berupaya semaksimal mungkin di balik layar dan inilah hasil konkretnya," ujar De La Tour dilansir dari Daily Mail.

Di sisi lain Direktur Umum LFP, Didier Quillot, juga bisa memahami akan adanya gelombang protes atas keputusan tersebut. Namun Quillot memastikan bahwa keputusan LFP sudah bulat dan tidak bisa diganggu gugat.

"Kemungkinan untuk adanya gelombang protes dan banding tetap ada, namun kami telah mengambil keputusan," ujarnya.

Gelar juara PSG sendiri di musim ini nyatanya merupakan trofi yang ketiga kalinya secara beruntun atau yang kesembilan dalam sejarah klub. Kini Les Parisiens hanya terpau satu gelar saja dari As Saint-Etienne selaku pemilik terbanyak trofi Ligue 1.

Untuk wakil Ligue 1 di Liga Champions, selain PSG ada Marseille dan Rennes yang langsung lolos ke babak penyisihan grup. Sementara Lille, Reims, dan Nice mengamankan tiket ke Liga Europa. Khusus untuk jatah Europa League, tiga nama tim tadi belum pasti bisa tampil karena jatah dari pemenang Coupe de France dan Coupe de liga Ligue juga belum dipastikan.

Artikel Tag: Paris Saint-Germain, Ligue 1 2019/20, Ligue de Football Professionnel

677  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini