Robert Petik Pelajaran Dari Apa Yang Terjadi di Tahun 2020

Penulis: M. Aldi
Sabtu 02 Jan 2021, 16:30 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Pandemi covid-19 membuat tahun 2020 dianggap sebagai tahun penuh kegelapan. Tapi Robert Rene Alberts menyebut bahwa umat manusia harus tetap bisa mengambil sisi pelajaran dari wabah yang menyerang setiap penjuru dunia itu.

Menurut pelatih Persib Bandung itu, pandemi covid-19 itu bisa dijadikan sinyal soal kemarahan bumi. Saat ini umat manusia sudah terlalu rakus dan mulai mengabaikan planet bumi dengan ulah-ulahnya.

"Menurut saya, kita harus berpikir bahwa pada 2020 adalah tidak ada yang gratis, tidak ada yang diberikan cuma-cuma, kita harus saling menghargai saat tinggal di planet ini," kata nahkoda Persib berusia 62 tahun ini saat diwawancara.

Kini semua orang jadi mulai sadar bahwa bumi mulai merasa tidak nyaman dengan perilaku sehari-hari manusia. Padahal pada hakikatnya manusia hanya menumpang hidup di bumi dan seharusnya bisa menjaga diri untuk tidak berbuat seenaknya.

"Kita semua ini hanya penumpang di planet ini, bumi adalah tuan rumahnya dan kami hanya tamu di planet ini. Jadi ini awal bagi kita untuk sadar hanya menumpang hidup di sini, kita harus mengesampingkan dulu politik dan (ego) agama," kata pria asal Belanda ini.

Dengan adanya ancaman virus, kini manusia dituntut untuk selalu menjaga kesehatan. Caranya dengan menjaga kebersihan, tidak banyak melakukan kegiatan tidak perlu. Robert menilai itu punya dampak positif agar bumi juga menyembuhkan diri.

"Kita harus hidup dengan rasa syukur dan tetap sehat serta fit. Dan saat kita hidup sehat, maka planet ini juga akan ikut sehat. Dan ulah umat manusia tentu membuat planet ini tidak sehat. Ketika planet tidak sehat, maka kelangsungan hidup manusia juga akan terganggu seperti yang kita lihat saat ini. Kita bisa lihat semua tidak sehat," jelasnya.

"Jadi saya rasa itu pelajaran besar dari tahun 2020, semua harus menjaga planet ini, planet ini adalah tuan rumah dan kita hanya menumpang hidup di sini dalam waktu yang singkat. Kehidupan berjalan dengan sangat cepat," lanjutnya.

Untuk itu, Robert mengimbau untuk lebih menghormati planet bumi dengan tidak menyakitinya dengan ulah umat manusia. "Jadi mari apresiasi dan memberi penghormatan dari planet ini yang sudah memberi kesempatan untuk hidup di sini dan hidup dalam persaudaraan," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Covid-19

516  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini