Robert Laporkan Kondisi Pemain Persib Usai Lakoni Latihan Bersama

Penulis: M. Aldi
Senin 01 Mar 2021, 19:30 WIB
Pemain Persib berlatih di bawah komando Robert Rene Alberts

Pemain Persib ketika berlatih (foto : Persib official)

Berita Liga 1 Indonesia : Kerinduan Persib Bandung untuk beraksi di lapangan akhirnya tertuntaskan. Dipimpin oleh Robert Rene Alberts, Victor Igbonefo dan kawan-kawan pun begitu antusias untuk melahap menu latihan.

Senyum lebar terpancar dari awak Maung Bandung yang kini telah dikumpulkan lagi untuk berlatih. Karena sudah lama mereka tidak merasakan suasana ini sejak tim dibubarkan November 2020 lalu.

Robert pun menyebut anak asuhnya punya asa untuk kembali beraktivitas di lapangan hijau. Meskipun kepastian soal turnamen dan liga masih belum jelas karena jadwal tidak kunjung terbit, tapi ini cukup membuat pemain senang.

"Ya perasaan yang bagus, semua kembali ke lapangan dengan sebuah harapan tentang masa depan dan ini adalah langkah pertama. Kami berjalan langkah demi langkah, kami harus memastikan kapanpun liga dimulai, kami sudah siap. Kami menjalaninya dengan santai, karena kami belum mendapatkan informasi apapun," ujar dia ketika diwawancara.

Memang secara kondisi pemain, Robert menyebut pasukannya jauh dari kata ideal. Karena sudah satu tahun mereka tidak bertanding sejak pandemi covid-19 menyerang. Pemain juga lama tidak berlatih karena tim dibubarkan akhir tahun 2020.

"Tentunya bisa dilihat mereka terlihat seperti 'berkarat' tapi itu normal, karena mereka tidak bermain selama satu tahun karena sekarang sudah memasuki bulan Maret. Jadi tak bisa berharap apapun dari pemain," jelas dia.

Pelatih asal Belanda ini sendiri tidak mau terburu-buru menggenjot pemainnya berlatih. Karena butuh waktu membuat pemain kembali dalam kondisi fit bagi sentuhan dan fisik. Termasuk adaptasi dalam membangun chemistry dengan sesama pemain.

"Kami memberikan waktu pada pemain untuk merasakan berada di atas rumput lagi, merasakan bermain bola, bersama-sama ketika di ruang ganti. Butuh waktu bagi tubuh menyesuaikan bagaimana beraktivitas di level tertinggi dalam sepakbola," ujarnya.

Pelatih Persib berusia 66 tahun itu juga merasa khawatir jika pemain terlalu diforsir untuk berlatih keras. Sebab resiko terjadinya cedera akan meningkat ketika pemain yang lama tidak berlatih dipaksakan bermain.

"Bisa dilihat juga pemain asing dari Indonesia yang pergi ke liga lainnya, jika melihat statistiknya dan mengikuti kabarnya, semisal di liga terdekat yaitu Malaysia, banyak pemain asing dari Indonesia yang mengalami cedera ketika pramusim karena belum siap setelah jeda panjang ini," tutupnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

522  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini