Resmi! Rusia Dilarang Tampil di Piala Dunia 2022

Penulis: Demos Why
Senin 09 Des 2019, 20:43 WIB
Resmi! Rusia Dilarang Tampil di Piala Dunia 2022

Pemain tim nasional Rusia (Foto: Getty Images)

Berita Sepakbola: Kabar mengejutkan datang dari tim nasional Rusia di mana mereka secara resmi dilarang tampil di ajang Piala Dunia 2022 mendatang yang akan digelar di Qatar. Kenapa?

Rusia secara resmi mendapatkan sanksi berat berupa larangan tampil di semua ajang olahraga internasional selama empat tahun lamanya. Sanksi tersebut didapatkan oleh Rusia akibat skandal pemalsuan data doping yang mereka serahkan pada Januari 2019 yang lalu. Dengan sanksi tersebut maka seluruh atlet asal Rusia dilarang terlibat dan tampil di ajang olahraga internasional hingga 2022 mendatang.

Selain membuat tim nasional Rusia tak bisa tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, atlet asal Beruang Merah itu juga dilarang ambil bagian di ajang Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, jepang. Kabar baiknya, Rusia masih bisa ambil bagian di ajang Euro 2020 karena diklaim sebagai bukan ajang internasional.

Dilansir dari BBC, sanksi larangan terlibat dalam ajang olahraga internasional didapatkan oleh Rusia usai Organisasi Anti Doping Dunia (WADA) mencapai kesepakatan penuh pada pertemuan yang diadakan di Lausanne, Swiss. dalam keputusannya, WADA menyebut Organisasi Anti Doping Rusia (RUSADA) tidak kooperatif lantaran memberikan data laboratorium yang telah dipalsukan kepada investigator pada Januari 2019.

RUSADA sendiri memberikan data hasil pemeriksaan dari laboratorium usai sanksi tersebut secara kontroversial dicabut pada 2018 yang lalu. Pada ajang Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada 2018, Rusia juga tak mengirimkan wakil mereka. Akibatnya sebanyak 168 atlet Rusia di ajang itu tampil dalam tim netral dan tak mewakili negara mana pun.

WADA memberikan waktu selama 21 kepada RUSADA untuk menerima keputusan atau melakukan banding dan membawa kasus melalui CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga).

Artikel Tag: Timnas Rusia, Piala Dunia 2022, WADA, RUSADA

46277  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini