Regulasi Liga 1 Dipastikan Tidak Berubah, Promosi dan Degradasi Tetap 3 Tim

Penulis: Dayat Huri
Selasa 31 Okt 2023, 09:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pastikan regulasi Liga 1 tidak akan berubah

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa regulasi terkait promosi dan degradasi untuk Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 tidak berubah. Pada akhir musim nanti tetap akan ada tiga tim yang promosi dari Liga 2 Indonesia musim 2023/2024 untuk menggantikan tiga tim yang turun kasta.

Hal itu juga sekaligus membantah isu yang beredar bahwa akan terjadi perubahan slot degradasi musim depan menjadi hanya satu tim. Erick Thohir menegaskan regulasi soal kompetensi adalah hal yang tak bisa ditawar menawar karena sesuai dengan keputusan kongres.

"PSSI tegas berpegang pada ketentuan yang berlaku bahwa promosi dan degradasi adalah tiga tim. Tak ada tawar menawar soal itu!," katanya seperti dikutip dari laman resmi fedrasi.

Ditegaskan Erick Thohir, semangat PSSI selaras dengan prinsip FIFA soal fair play. Sejak awal liga, kata dia, ketentuannya sudah ditetapkan soal tim yang akan promosi dan degradasi.

Menurutnya, sesuai dengan semangat fair play, ketentuan itu harus dipatuhi oleh seluruh pihak.

"Tidak ada perubahan di tengah jalan. PSSI tidak menoleransi dan jelas menolak isu itu karena tidak sesuai dengan semangat fair play," katanya.

Dengan sistem kompetisi yang konsisten, Erick Thohir optimistis kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 ini akan semakin mendorong perkembangan sepak bola nasional.

"Kompetisi yang teratur dan sehat akan melahirkan timnas yang sehat. Selain itu, sistem kompetisi yang berputar secara konsisten juga akan memberi kepastian dari sisi bisnis. Karena itu, kami semua sepakat menjaga sistem kompetisi yang telah disepakati dalam kongres," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu pun mengapresiasi seluruh tim maupun suporter yang mendukung terciptanya kompetisi yang konsisten soal regulasi.

"Konsistensi ini penting untuk dijaga. Bukan justru diubah-ubah yang justru akan tidak baik bagi citra dan stabilitas kompetisi itu sendiri," ujarnya.

Artikel Tag: Liga 1, Erick Thohir, PSSI

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/regulasi-liga-1-dipastikan-tidak-berubah-promosi-dan-degradasi-tetap-3-tim
346  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini