Ragam Sepak Bola: Mengenal Caixa Futebol Campus, Pesaing Akademi La Masia Barcelona

Penulis: han
Jumat 07 Okt 2016, 14:01 WIB
Ragam Sepak Bola: Mengenal Caixa Futebol Campus, Pesaing Akademi La Masia Barcelona

Renato Sanches (belakang) merupakan produk akademi Caixa Futebol Campus.

Ligaolahraga - Ragam Sepak Bola: Caixa Futebol Campus merupakan akademi sepak bola terbaik untuk tahun ini karena telah berhasil menghasilkan bintang muda yang bersinar di beberapa klub Eropa, bahkan berhasil mengungguli akademi sepak bola Barcelona, La Masia.

Akademi sepak bola merupakan salah satu cara klub-klub untuk menghasilkan pemain berbakat. Salah satu akademi yang paling sering memunculkan pemain bintang ialah La Masia. Dari akademi tersebut lahir sosok-sosok seperti mega bintang Lionel Messi, Cesc Fabregas, Gerrad Pique dan masih banyak lagi yang malang melintang di klub-klub Eropa.

Namun sejak 2008 La Masia tak lagi menghasilkan bintang-bintang baru. Pemain terakhir yang berhasil dihasilkan La Masia ialah Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Pedro. Sebenarnya masih ada bintang muda lain seperti Mounir El Haddadi namun ia gagal bersaing dengan bintang lain di Barcelona.

Dibuka pada tahun 2006 dengan biaya sekitar 60 juta euro, Caixa Futebol Campus merupakan akademi sepak bola untuk klub asal Portugal, Benfica FC. Meski baru berusia 10 tahun, akademi yang terletak di sebelah selatan kota Lisbon ini berhasil menghasilkan banyak pemain-pemain berbakat, sebut saja nama-nama seperti Andre Gomes, Renato Sanchez, Bernardo Silva yang berhasil dijual ke klub-klub besar Eropa dan menjadi lumbung keuntungan bagi klub.

Terhitung dari total penjualan pemain selama musim panas lalu Benfica berhasil meraup keuntungan sebesar 96,2 juta euro. Dan bahkan beberapa pemain jebolan akademi ini berhasil dipanggil timnas Portugal dan membantu Portugal memenangi EURO 2016 pada bulan Juni-Juli lalu.

Dengan prestasi yang dihasilkan Caixa Futebol Campus dalam menghasilkan bibit muda dalam sepak bola, akademi ini diganjar penghargaan Best Academy of The Year pada tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Dubai Globe Soccer Awards.

 

Artikel Tag: Barcelona, Benfica, La Masia

1382  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini