Ragam Liga Champions: Telisik Kekuatan AS Monaco untuk Hadapi Juventus di Semifinal

Penulis: Rei Darius
Senin 01 Mei 2017, 20:47 WIB
Ragam Liga Champions: Telisik Kekuatan AS Monaco untuk Hadapi Juventus di Semifinal

Monaco akan hadapi Juventus di semifinal Liga Champions (Image: ESPNFC)

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Ragam Liga Champions: AS Monaco berhasil menjadi tim pembawa kejutan pada gelaran Liga Champions musim dengan permainan atraktif mereka yang sukses menyingkirkan Manchester City dan Borussia Dortmund, namun bisakah mereka melewati hadangan Juventus?

Pada hari Rabu (3/5) nanti Il Bianconeri akan kembali berjuang di pentas turnamen paling bergengsi antar klub Eropa ketika menyambangi Stade Louis II pada leg pertama semifinal Liga Champions. Monaco berhasil bangkit dari ketertinggalan dan menang dengan skor 3-1 atas Toulouse pada hari Sabtu (29/4) kemarin dan berikut adalah hasil pantauan beserta hal-hal yang perlu diketahui soal Les Monegasques:

Bagaimana cara mereka bermain?
Mungkin cara menyerang all-out bukanlah suatu gaya baru dan sudah terbiasa kita lihat dalam sepak bola di kompetisi mana pun dunia ini, namun Monaco menjadi mematikan dengan hal ini. Total ada 27 tembakan ke gawang, 11 di antaranya tepat sasaran dan 63 persen penguasaan bola yang menggambarkan bahwa pemuncak klasemen Ligue 1 ini adalah tim yang dominan sejak awal hingga akhir laga kontra Toulouse.

Kamil Glik

Kemampuan mereka untuk mengubah lini pertahanan menjadi menyerang juga cukup menakutkan dan di hari Sabtu (29/4) lalu mereka sempat tertinggal satu gol dari Toulouse pada lanjutan Ligue 1, namun setelah Kamil Glik menyeimbangkan skor, rekening gol langsung berlanjut melalui Kylian Mbappe dan juga Thomas Lemar yang membuat Monaco memantapkan diri di puncak klasemen Liga Prancis.

Kylian Mbappe

Kekuatan
Seperti yang diketahui bahwa kekuatan utama Monaco asuhan Leonardo Jardim ada di lini serangnya. Mbappe menjadi pemeran protagonis dalam permainan mereka dengan sejumlah gerakan memukau dan penyelesaian peluang yang jauh lebih baik dari striker belia manapun di dunia ini. Kemudian di sisi sayap, ancaman dari Thomas Lemar dan Bernardo Silva juga merupakan salah satu hal yang patut diwaspadai. Ancaman dari para winger untuk membangun serangan balik dan menyerahkan bola sempurna untuk Radamel Falcao yang terlahir kembali pada musim ini, usai penurunan performa semenjak gabung Manchester United dan Chelsea.

Radamel Falcao

Kelemahan
Biasanya duet Tiemoue Bakayoko dan Fabinho sebagai poros lini tengah adalah salah satu yang terbaik di Eropa, namun lantaran Bakayoko mengalami masalah kebugaran untuk leg pertama, maka mungkin lini tengah bisa menjadi salah satu titik yang bisa dimanfaatkan oleh Juventus pada hari Rabu nanti. Joao Moutinho biasanya akan menjadi penggantinya dan ia sudah bermain di laga kontra Toulouse. Sang gelandang asal Portugal memainkan peranan penting ketika Monaco mendominasi pada babak kedua, namun Jardim mungkin akan menggeser Fabinho ke pos bek kanan jika Djibril Sidibe tidak dinyatakan cukup bugar.

Fabinho

Nabil Dirar diplot sebagai bek kanan pada laga kontra Toulouse, namun akan menjadi risiko besar memainkannya sejak awal bersama dengan Andrea Raggi atau bahkan Almamy Toure. Jika Fabinho digeser ke pos bek kanan, maka itu akan memberi celah di lini tengah dan Juventus memiliki senjata mematikan di area itu, yakni Paulo Dybala.

Daftar pemain yang absen (cedera dan suspensi)
Djibril Sidibe nampaknya hampir dipastikan akan absen pada leg pertama ini karena mengalami radang usus buntu yang berarti antara Fabinho atau bek kanan kurang berpengalaman, Almamy Toure, yang akan mengisi pos bek kanan. Area itu bisa dieksploitasi oleh pasukan asuhan Massimiliano Allegri melalui Mario Mandzukic dan Alex Sandro. Sedangkan Tiemoue Bakayoko mungkin akan diharuskan memakai topeng untuk melindungi hidungnya, namun jika dia pun juga absen maka itu adalah suatu kerugian besar untuk Jardim.

Tiemoue Bakayoko

Rekor Pertemuan
Total mereka telah melalui empat pertemuan di pentas Liga Champions dengan hasil sekali kemenangan untuk Monaco dengan mencetak empat gol dan dua untuk Juventus dengan mencetak tujuh gol, sedangkan satu lainnya berakhir dengan skor imbang 0-0 yang juga pertemuan terakhir mereka di Stade Louis II pada leg kedua perempatfinal Liga Champions musim 2014/2015 silam.

Juventus vs Monaco di tahun 1998

Menariknya, Juventus pernah menyingkirkan Monaco dengan agregat 6-4 di semifinal Liga Champions musim 1997/1998 silam dan melaju ke partai final namun dikandaskan oleh Real Madrid yang kini juga bermain di partai semifinal lainnya kontra Atletico Madrid.

Monaco sudah memainkan tiga laga semifinal di Liga Champions, namun dua diantaranya kandas di tangan wakil asal Italia, yakni Juventus di musim yang telah disebutkan tadi dan AC Milan di musim 1993/1994, sedangkan pada musim 2003/2004 lalu mereka berhasil lolos dengan menyingkirkan Chelsea dengan keunggulan agregat 5-3.

Artikel Tag: AS Monaco, liga champions, Feature, Juventus, Leonardo Jardim, Kylian Mbappe, Radamel Falcao

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ragam-liga-champions-telisik-kekuatan-as-monaco-untuk-hadapi-juventus-di-semifinal
1399  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini