PSSI Tetapkan Enam Klub Liga 1 Lolos AFC Club Licensing Cycle

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 21 Nov 2020, 06:00 WIB
Club Licensing Committee/foto dok pssi

Club Licensing Committee/foto dok pssi

Berita Liga 1 Indonesia: PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air menetapkan sebanyak enam klub Liga 1 Indonesia yang dinyatakan granted atau lolos pada AFC Club Licensing Cycle 2020.

Meski tahun ini seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini. Tapi hanya Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC yang dinyatakan lolos.

AFC Club Licensing Cycle merupakan salah satu acuan standar klub profesional dan juga syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, PSSI melalui Club Licensing Department telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020,.

"PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Yunus Nusi seperti dilansir laman resmi.

Target dari AFC Club Licensing Cycle sendiri adalah membantu klub-klub sepak bola tanah air untuk bisa semakin baik, sehingga dunia si kulit bundar benar-benar bisa menjadi salah industri.

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia," tambah Yunus Nusi.

Artikel Tag: PSSI, Liga 1, AFC Club Licensing Cycle

416  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini