PSSI Dijatuhkan Sanksi Administrasi Oleh FIFA, Ini Hukumannya

Penulis: Dayat Huri
Jumat 07 Apr 2023, 09:30 WIB
Ketum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino

Ketum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola Nasionala: Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan rasa syukurnya karena Indonesia terhindar dari sanksi berat setelah FIFA membatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Indonesia dijatuhi sanksi administrasi oleh induk ogranisasi sepak bola dunia itu.

Dikatakan Erick Thohir, sebelum dijatuhkan sanksi administrasi, dirinya mendatangi langsung FIFA sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi untuk melakukan negosiasi sekaligus mempresentasikan terkait blueprint transformasi sepakbola Indonesia.

Saat bertemu Gianni Infantino, Presiden FIFA, dia juga menjabarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam merenovasi 22 stadium yang dapat dipakai untuk kegiatan tim nasional dan liga.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepakbola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," katanya seperti dikutip dari laman resmi federasi.

Menurut Erick Thohir, meski Indonesia dijatuhi sanksi, tapi di satu sisi hal itu merupakan sebuah pembelajaran dan berkah bagi sepak bola Indonesia yang saat ini terus berbenah menuju perbaikan di semua sektor.

"Saya sudah berusaha maksimal saat bertemu dengan FIFA. Dengan sanksi ini, kita masih terus melanjutkan program transformasi sepakbola bersama FIFA. Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tapi kartu kuning sehingga kita bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," pungkasnya.

Menteri BUMN itu pun mengaku bersyukur karena sanksi berat seperti pembekuan tidak dijatuhkan FIFA, sehingga timnas Indonesia tetap bisa ikut ambil bagian di turnamen internasional.

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," ujarnya.

Artikel Tag: PSSI, Erick Thohir

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-dijatuhkan-sanksi-administrasi-oleh-fifa-ini-hukumannya
11875  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini