Protes Karena Tak Dibayar, Skuad Piala Dunia Wanita Jamaika Tolak Tanding

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 24 Okt 2023, 19:12 WIB
"Reggae Girlz" tidak terkalahkan di babak penyisihan grup Piala Dunia Wanita FIFA 2023 dan kalah di babak 16 besar dari Kolombia. (Foto: Inside The Games)

"Reggae Girlz" tidak terkalahkan di babak penyisihan grup Piala Dunia Wanita FIFA 2023 dan kalah di babak 16 besar dari Kolombia. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Skuad tim nasional wanita Jamaika yang tampil di Piala Dunia Wanita tahun ini menarik diri dari kualifikasi Piala Emas Wanita CONCACAF, kata mereka, sebagai "sikap solidaritas untuk mengakhiri siklus penganiayaan" oleh Federasi Sepak Bola Jamaika (JFF).

Tim yang dikenal sebagai "Reggae Girlz" ini tidak terkalahkan di babak penyisihan grup Piala Dunia Wanita FIFA 2023 di Australia dan Selandia Baru. Di babak 16 besar, mereka kalah satu gol melawan Kolombia, tetapi mereka mengaku masih menunggu pembayaran untuk turnamen tersebut.

"Dengan sangat kecewa kami sampaikan bahwa pemain yang tampil di Piala Dunia Wanita 2023 tidak akan berpartisipasi dalam pertandingan internasional pada Oktober mendatang untuk laga pertama kualifikasi Piala Emas Wanita," demikian pernyataan dari para pemain. "Meskipun ini merupakan salah satu keputusan tersulit yang harus kami ambil, kami merasa perlu untuk mengambil sikap drastis untuk mengakhiri perlakuan buruk terus menerus yang kami terima dari Federasi Sepak Bola Jamaika."

Lebih lanjut, pernyataan itu berbunyi, "Kami belum menerima pembayaran penuh dan benar untuk penampilan historis kami di Piala Dunia dan banyak bonus yang belum dibayarkan untuk kualifikasi pada musim panas 2022. Kami telah berkali-kali berurusan dengan pembayaran tertunda dari JFF."

Meski begitu, mereka selalu merasa mendapatkan kehormatan dan keistimewaan untuk mewakili Jamaika. "Adalah tugas kami untuk tampil sebaik mungkin dan kami mengerahkan seluruh upaya kami untuk mewakili negara kami, membuat para penggemar kami, orang-orang yang kami cintai di rumah dan diaspora bangga," ujar pernyataan itu. "Karena situasi yang dihadapi Federasi Sepak Bola Jamaika saat ini, kami tidak akan bisa melakukan tugas kami."

Para pemain merinci keluhan lain dan mengklaim bahwa mereka telah diberi informasi dengan "cara yang tidak tepat waktu dan melalui komunikasi yang tidak profesional."

Mereka mengungkapkan bahwa mereka baru diberitahu tentang penunjukan pelatih Xavier Gilbert seminggu sebelum dimulainya kualifikasi untuk Piala Emas melalui pesan media sosial. Gilbert pernah menjadi asisten pelatih sebelumnya, Lorne Donaldson

JFF menanggapi bahwa mereka "merasa tidak nyaman dengan respons para pemain dan tidak hadirnya perwakilan pemain dalam pertemuan yang dijadwalkan."

Mereka telah mengumumkan skuat untuk kualifikasi Piala Emas CONCACF yang tidak menyertakan para pemain yang tampil di Piala Dunia Wanita. Chris-Ann Chambers, Destiny Powell dan Shaneil Buckley telah dipanggil dari skuad yang saat ini berada di Santiago untuk Panamerican Games.

Jamaika akan bertemu Panama pada tanggal 25 Oktober di Panama City sebelum pertandingan kandang melawan Guatemala empat hari kemudian.

Artikel Tag: piala dunia wanita

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/protes-karena-tak-dibayar-skuad-piala-dunia-wanita-jamaika-tolak-tanding
293  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini