Persebaya Surabaya Tanggapi Wacana Pengurangan Slot Pemain Asing di Liga 1

Penulis: Dayat Huri
Rabu 12 Mei 2021, 09:30 WIB
Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi/foto dok Persbaya Surabaya

Berita Liga 1 Indonesia: Manajemen Persebaya Surabaya angkat bicara terkait dengan adanya wacana pengurangan slot pemain asing untuk Liga 1 Indonesia. Manajer tim, Candra Wahyudi menilai bahwa apapun yang nanti diputuskan dalam Kongres Tahunan PSSI akan sama-sama memberikan dampak terhadap berjalannya kompetisi di musim baru.

Seperti diketahui, dalam beberapa musim terakhir, klub yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air itu dapat merekrut tiga pemain asing bebas ditambah satu pemain asing Asia (3+1). Untuk musim direncanakan berubah menjadi dua pemain asing bebas dan satu pemain asing Asia (2+1).

"Semua kan ada pertimbangannya kenapa 3+1 atau 2 +1. Kalau dalam kondisi saat ini dua-duanya sama-sama rasional," kata Candra Wahyudi seperti dilansir laman Kompas.

Wacana pengurangan slot pemain asing memang menuai banyak kontra, tetapi tidak bisa dipukul rata sebagai opsi yang buruk. Dari sudut pandang yang lebih luas, Candra Wahyudi melihat skema 2+1 yang ditawarkan tetap menyediakan keuntungan yang bisa didapatkan, baik dari sisi tim maupun dari segi kompetisi.

"3+1 pertimbangannya pasti untuk peningkatan kualitas, meningkatkan gebyar kompetisi. Namun, 2+1 pun menurut saya ada plus-nya. Dari sisi finansial klub akan terbantu efisiensi pembelian pemain. Kemudian memberikan kesempatan bagi pemain lokal untuk bermain lebih banyak," kata dia.

Menurut dia, semua kini berpulang pada keinginan PSSI dan PT LIB dalam mendesain skema Liga 1. Sebab, dari pengamatannya, opsi penambahan maupun pengurangan kompetisi sama-sama disertai alasan yang rasional.

"Jadi semuanya ada plus minusnya tinggal sekarang PSSI sebagai Federasi dan LIB sebagai operator kira-kira apa yang bagus untuk di masa seperti ini. Klub pasti mengikuti, toh 3+1 pun tidak harus dipenuhi 3+1, bisa 2+1. 2+1 pun tidak harus dipenuhi tiga, bisa 1+1 semua kan masih fleksibel," jelasnya.

Khusus untuk Persebaya Surabaya sendiri, mereka saat ini belum melakukan perekrutan pemain asing, sehingga apapun yang nanti diputuskan akan jadi pertimbangan dalam melakukan perekrutan.

Artikel Tag: Persebaya Surabaya, candra wahyudi, Liga 1

786  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini